ArenaLTE.com – Mungkin Anda salah seorang yang pernah mengalami ketidakstabilan sambungan mobile internet WiFi, padahal paket yang Anda beli sudah memadai untuk kelas mobile broadband. Bila setelah ditelusuri ternyata akses selular baik-baik saja, maka selanjutnya yang akan disalahkan adalah kinerja router WiFi yang buruk. Tapi benarkan demikian?

Sebuah penelitian yang dilakukan Aleksandar Kuzmanovic, profesor teknik elektro dan ilmu komputer di Northwestern University’s McCormick School of Engineering, menjelaskan sesuatu hal yang baru. Menurutnya aktivasi beberapa atau banyaknya perangkat internet WiFi dalam suatu area akan berpotensi menimbulkan ‘benturan.’

Memang akses intenet tidak terputus, tapi akan membawa pengaruh pada kinerja sambungan internet yang dihantarkan oleh frekuensi radio WiFi. Proses ini disebut juga sebagai Netflix, dan kebanyakan tidak disasari oleh pengguna.

Kuzmanovic yang dibantu dua mahasiswa PhD-nya, Marcel Flores dan Uri Klarman, mempertegas temuannya jika jaringan internet dari tetangga dapat membawa pengaruh pada kecepatan dan kinerja internet yang dihantarkan router. Nah, guna menyiasati benturan antar sinyal internet WiFi, Kuzmanovic dan dua orang mahasiswanya mengusulkan adospi sinyal FM radio untuk memperkuat kualitas wireless internet di rumah.

Padatnya jaringan internet WiFi bisa dikurangi dengan pemanfaatan sinyal FM. Sifat sinyal FM yang mampu menembus dinding dan bangunan menjadi daya tarik utama. Dalam pengujian, nyatanya FM radio dapat menghantarkan akses internet dengan baik. Dan perlu dicatat, hampir setiap ponsel/smartphone saat ini sudah dilengkapi chip FM radio, sehingga tak sulit jika nantinya teknologi yang disebut WiFM ini nantinya diluncurkan resmi.

Wi-FM mengidentifikasi pola penggunaan jaringan lain untuk mendeteksi berat ringannya lalu lintas data, membantu untuk menyelaraskan sinyal WiFi dengan channel transmisi yang sama