ArenaLTE.comSamsung kian serius di ranah semikonduktor dengan menambah portofolio produknya. Raksasa teknologi asal Korea Selatan tersebut belum lama ini mengungkapkan chipset terbarunya untuk segmen smartphone mid-range, yakni Exynos 7 Octa 7870. Chipset ini digadang sebagai yang tercanggih dengan teknologi advanced 14-nanometer (nm) FinFET.

Sayangnya belum ada rincian tentang chipset teranyar dari Samsung ini. Namun masih ada petunjuk terkait chipset Exynos 7 Octa 7870 yang pernah tertangkap dalam beberapa benchmark  smartphone Galaxy J7 (2016). Berdasarkan analisa dari benchmark, chipset terbaru mid-range SoC tersebut punya spesifikasi  1,7 GHz octa-core Cortex-A53 CPU dan Mali-T830 GPU (Graphic Processing Unit).

Exynos 7 Octa 7870 disasar sebagai penerus Exynos 7580 yang telah digunakan pada smartphone Galaxy J7 pertama yang diluncurkan pada tahun lalu. Seperti diberitakan sebelumnya, Samsung Galaxy J7 (2016) pernah tertangkap dalam database benchmark sebelumnya, dan sekarang terjadi lagi. Kali ini, ada yang berbeda. Sekarang kita disuguhi tentang versi handset yang tertanam Exynos. Bocoran ini muncul dari dua database benchmark, Geekbench dan GFXBench.
Baca juga: Ini Dia Bocoran Video Samsung Galaxy S7 Dari Indonesia

Samsung tampaknya ingin kembali merilis dalam dua modelm sat yang menjalankan chipset besutannya sendiri, Exynos dan model lainnya menyematkan Snapdragon 615 dibagian inti. Smartphone yang memiliki chip Exynos 7 Octa akan mampu merekam video HD secara nonstop dengan menggunakan kamera depan dan belakang. Hal ini bisa terjadi karena adanya built-in dual Image Signal Processor (ISP). Fitur tersebut mendukung rekaman video 16MP 30fps untuk kamera belakang dan 5MP 30fps saat merekam video secara bersamaan.