ArenaLTE.com – Sebagai raja produk smartphone saat ini, memang selalu menarik mengetahui kiprah inovasi teknologi yang sedang disiapkan oleh Samsung di masa yang akan datang. Salah satu cara untuk mengetahui bocoran inovasi teknologi Samsung dan prediksi perangkat terbaru mereka yaitu dengan mengetahui paten teknologi Samsung terbaru yang berhasil mereka dapatkan.

Salah satu paten teknologi Samsung terbaru yaitu contact lens cerdas yang dilengkapi dengan built-in camera. Paten ini diprediksi akan menjadikan Samsung memiliki kemampuan untuk memproduksi sebuah kontak lens pintar seperti layaknya agen rahasia di film layar lebar. Dan seperti yang dilansir oleh blog SamMobile, kamera and sensor yang melekat di kontak lens tersebut dapat dikendalikan dengan kedipan mata. Kontak lensa ini juga dilengkapi dengan antena sehingga mampu memutarkan konten media dari perangkat lain seperti smartphone.paten terbaru Samsung

Baca juga: Smart Windshield, Perisai Cerdas Motor Yamaha Garapan Samsung

Smart contact lenses ini juga bisa dibilang sebagai sebuah First-person-view cameras atau yang sering disebut sebagai “action cameras” yang cukup populer dipasaran sekarang ini. Namun alih-alih ukuran kamera yang besar, Samsung menjadikannya sebagai sebuah kamera tak terlihat yang melekat di lensa mata dalam bentuk contact lens. SamMobile juga melaporkan jika Samsung bahkan menyebutnya sebagai sebuah tren baru yaitu “Samsung Gear Blink” karena kemampuannya dikendalikan dengan melakukan kedipan mata.


Menurut laporan dari SamMobile tersebut, Samsung mulai mengembangkan smart contact lenses ini untuk menciptakan sebuah pengalaman khusus augmented reality seperti layaknya perangkat yang dihadirkan Google melalui Google Glass. Smart contact lenses ini memungkinkan untuk fitur Augmented Reality bisa diproyeksikan dengan jelas di mata manusia dan tetap tak terlihat oleh siapapun.

Meskipun Samsung sudah memiliki paten ini belum ada kepastian dari Samsung jika kita akan segera dapat menikmati perangkat smart contact lenses ini. Dan bukan sesuatu hal yang mustahil jika kedepannya nanti kita akan menggunakan sebuah wearable canggih berupa contact lens bernama “Samsung Gear Blink” yang menjadikan mata kita menjadi canggih karena dapat melihat, merekam dan memutarkan sesuatu yang hanya dapat dilihat oleh mata kita sendiri tanpa diketahui oelh orang lain.