ArenaLTE.com – Menjelajah situs dalam era konektivitas 4G memang sangat menguntungkan, akselerasi untuk mengakses halaman menjadi lebih cepat. Namun bisa terkendala dengan banyaknya iklan yang tiba-tiba muncul, proses pencarian akan membuat lamban dan merugikan kuota data yang bisa terkuras. Opera mengklaim bahwa aplikasi penjelajah situs versi terbarunya Opera Developer 37 memiliki kemampuan mempercepat akses dan memblokir iklan yang muncul.

Dinamakan Opera Developer 37, aplikasi browser untuk desktop ini diklaim mampu memberikan kecepatan akses situs hingga 90%. Hal ini dikarenakan fitur yang ada di dalamnya mampu melakukan blokir iklan dalam satu situs, sehingga loading yang dilakukan bisa berjalan lebih cepat.

opera-developer-37
Tampilan homepage browser Opera Developer 37

“Mempercepat waktu buka laman situs hingga 90%,” tulis opera. Menurutnya hal itu dapat dilakukan saat blokir iklan berjalan sempurna, penggunaan aplikasi berjalan lebih baik dibandingkan pengguna memakai addons atau ekstensi tambahan pada aplikasi browser tradisional. Sistem kerjanya addons diklaim hanya mampu meningkatkan kecepatan 40%, lebih rendah dari Opera 37 yang ditawarkan.

Alasan Kehadiran Aplikasi

Perusahaan mengakui bahwa kehadiran aplikasi penjelajah situs yang dapat memblokir iklan secara default, memang tidak etis bagi industri. Pasalnya, iklan adalah jalan yang sering digunakan setiap perusahaan dalam industri teknologi untuk mempromosikan cepat produknya. Namun sayang, hal ini sering tidak disadari karena memberikan dampak serius kepada pengguna, terutama dalam kecepatan mengakses satu situs laman.

“Iklan memang menjadi bahan bakar internet, memungkinkan untuk berbagi layanan dan bebas dibagikan dengan mudah oleh pengguna. Tapi, dalam laporan penelitian yang dilakukan, sebagian besar halaman website secara signifikan akan memperlambat proses akses tersebut. Pelacakan informasi yang dilakukan pengguna menjadi jauh lebih lambat,” jelas Krystian Kolondra, SVP Technic dan Head Opera.

Fitur blokir iklan di Opera Developer 37
Fitur blokir iklan di Opera Developer 37

Namun sayangnya, perusahaan belum benar-benar menghadirkan versi Opera Developer 37 secara umum. Aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan dan uji untuk developer atau pengembang. Sehingga, masih memungkinkan adanya banyak bug.

Tetapi, bagi pengguna yang ingin mencoba Opera 37 dalam versi pengembang ini untuk sekedar peningkatan yang cukup signifikan dalam menjelajah situs, bisa mencoba men­-download nya secara gratis melalui situs ini.

Tampilan ArenaLTE.com saat diakses dari Opera Developer 37
Tampilan ArenaLTE.com saat diakses dari Opera Developer 37