ArenaLTE.com – Nokia tak melulu fokus pada pengembangan teknologi jaringan, dibawah Nokia Technologies, pada awal Juni lalu telah diperkenalkan solusi baru yang diberi label Body Cardio. Ini merupakan perangkat yang terhubung ke sistem tubuh untuk mengukur denyut jantung dan tekanan pembuluh darah lewat metode pulse wave velocity (PWV). Nokia disini menawarkan pengukuran kondisi denyut jantung yang lebih komprehensif, ketimbang perangkat konvensional yang digunakan di rumah.

Dalam hitungan detik sejak menggunakan Body Cardio, pengguna dapat melihat tinjauan holistik kesehatan mereka dengan pengukuran yang akurat dari berat badan, BMI (body mass index), komposisi tubuh (lemak, otot, air & massa tulang), denyut jantung dan pengukuran lewat PWV yang merupakan indikator kunci dari kesehatan jantung dan terkait dengan hipertensi dan risiko penyakit kardiovaskular. Dan dikutip dari siaran pers Nokia.com (8/6/2016), perangat ini tersedia lewat penjualan online di situs Withings.com dengan harga US$179,95. Rencananya solusi ini akan mulai ditawarkan ke pasar pada musim panas tahun ini. Sementara untuk modul pemantaunya, menggunakan aplikasi pada smartphone berbasis Android dan iOS.

“Body Cardio adalah perangkat tercanggih canggih yang pernah kami buat. Body Cardio mengubah cara orang menggunakan skala timbangan kesehatan. Perangkat ini cara untuk mengelola berat badan serta memantau kesehatan jantung,” kata Cedric Hutchings, VP Digital Health Nokia Technologies.

Penyakit kardiovaskular adalah penyebab nomor satu kematian di seluruh dunia, namun 90 persen faktanya dapat dicegah. Sejak 2013, Withings Smart Body Analyzer telah menyediakan konsumen dengan data pada tingkat pengukuran detak jantung dan massa lemak. Dengan dirilisnya Body Cardio, pengguna sekarang memiliki alat untuk mendapatkan gambaran harian tentang kesehatan jantung dan tentunya dapat lebih cepat dalam mengambil tindakan. Perangkat Body Cardio juga dapat terkoneksi dengan aplikasi seperti Apple Health App dan GPS run tracking.

PWV telah diakui secara luas oleh komunitas medis, PWV dipandang mampu memberi penialaian kondisi jantung secara mandir. PWV sendiri didefinisikan sebagai kecepatan getaran detak jantung yang dihasilkan dari tebaran sepanjang dinding pembuluh arteri. Level PWV yang tinggi maka menunjukkan susunan saraf arteri yang kaku atau pengguna mempunyai tekanan darah tinggi.

Sebagai informasi, Penyakit kardiovaskular atau cardiovascular disease (CVD) adalah penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. Penyakit kardiovaskular yang umum adalah penyakit jantung iskemik, stroke, penyakit jantung akibat tekanan darah tinggi, penyakit jantung rematik, pembesaran aorta, cardiomyopathy, atrial fibrillation, penyakit jantung bawaan, endocarditis, dan peripheral artery disease.