ArenaLTE.com – Musik dapat mempengaruhi emosi secara langsung, mulai dari bahagia, marah, sedih, dan perasaan lainnya dapat diciptakan dari melodi. Tentu kita semua ingin menikmati emosi yang positif dari musik. Menjawab hal tersebut, Nervana, sebuah perusahaan dari Florida, AS telah menciptakan sepasang headphone yang dapat merangsang pelepasan dopamine di otak Anda.

Dengan lepasnya dopamine, membuat Anda merasa lebih baik, senang dan gembira. Menurut sebuah wawancara dengan Futurisme, CEO Nervana Ami Brannon mengatakan ini tak lepas dari teknologi pada headphone. “Kami memiliki perangkat yang mengirimkan sinyal listrik melalui saluran telinga untuk merangsang pelepasan dopamin di otak. Ada sinyal listrik yang dipasangkan dengan aliran suara musik. Ini mengikuti irama musik, dan itu benar-benar menyenangkan.”

headset Nervana

Melalui jenis earbud konduktif, solusi ini akan mengirimkan pesan melalui saraf vagus di telinga yang kemudian mengirimkan pesan ke otak untuk melepaskan dopamin, sehingga terjadi proses neuro transmitter yang berjalan secara alami di otak.

Bagian yang masuk ke dalam telinga Anda akan terlihat seperti sepasang biasa speaker mini, namun perlu disertai dengan generator yang berfungsi membantu earbuds mencapai fungsinya. Nervana  berencana meluncurkan headphone ini pada akhir tahun dengan harga US$ 299. Dikutip dari Ubergizmo.com, saat ini belum bisa disimpulkan apakah headphone ini efektif atau tidak, pasalnya Nervana belum membagikan sample uji headphone ini.

Otak Anda melepas hormon dopamine secara alami untuk membuat Anda nyaman dan senang. Aliran dopamin eitu merupakan respon terhadap aktivitas menyenangkan seperti makan atau aktivitas seksual. Di sisi lain, kalau kekurangan dopamine, Anda merasa lesu, depresi, dan tidak tertarik untuk hidup.