ArenaLTE.com – Smartphone sejatinya memang tergantung pada kekuatan baterai. Namun, kali ini bukan hanya soal kapasitas yang menjadi pedoman, kecepatan dan sistem pengisian kini tengah menjadi fokus produsen dalam pengembangan teknologinya. LG Innotek adalah salah satu anak perusahaan LG yang fokus pada produksi komponen, serta piranti untuk smartphone. Perusahaan kini menginformasikan tengah mengembangkan modul transmisi baru agar ponsel pintar bisa mengisi baterai dengan cepat, dalam sistem wireless charging.

Dalam siaran rilisnya perusahaan mengungkapkan, sedang mengembangkan modul transmisi baru 15 watt untuk mengisi baterai ponsel dengan cepat melalui sistem wireless charging atau nirakbel. Pencatu daya tersebut dikembangkan untuk mengisi tenaga listrik pada smartphone, yang dikabarkan akan diproduksi masal dalam tahun ini.

Modul transmisi diungkapkan telah dikembangkan untuk charger listrik nirkabel smartphone dengan kinerja setara dengan charger kabel. Sehingga, kecepatan mengisi tenagar baterai pada ponsel dengan pencatu daya wireless charging ini, lebih mempersingkat waktu pengisian dan meningkatkan kenyamanan pengguna karena kompatibel dengan beragam perangkat.

pengisi daya nirkabel yang akan diproduksi nanti, diungkapkan terdiri dari pemancar dan penerima. Pasokan pemancar listrik untuk smartphone dalam bentuk charger pad atau mediag Platform. Sedangkan pirantu penerima tertanam di smartphone, penerima tenaga baterai akan menghasilkan arus induksi dengan menangkap arus dari pemancar.

Baca jugaKetahui Penyebab Charging Ponsel Lama & Cara Mengatasinya

wireless chraging

Modul untuk pengisi daya nirkabel ini sendiri, diklaim dapat memasok listrik untuk mengisi baterai kosong hingga 50% hanya dalam waktu 30 menit. Kecepatan pengisian disebutkan akan tiga kali lebih cepat dari pengisian nirkabel yang sebelumnya ada, yang hanya memiliki kapasitas modul 5-watt.

Pihak perusahaan juga mengklaim, produk ini nantinya akan kompatbibel dengan charger nirkabel yang ada. Hal ini dapat digunakan pada sebagian besar ponsel pintar yang mendukung pengisi daya nirkabel. Hal interoperasi dengan modul 9 watt penerima yang baru-baru disertakan bersama dengan WPC 15W atau PMA 5W. Hal ini juga mengikuti standar dari kedua Konsorsium Dunia Wireless Daya (WPC) dan airfuel Alliance, yang standar internasional organisasi pada pengisi daya nirkabel.

Modul transmisi 15-watt LG Innotek ini dapat digunakan pada pengisi daya nirkabel dipasang pada kendaraan serta pengisi nirkabel yang digunakan di rumah atau kantor. Perusahaan menjanjikan jaminan kualitas keamanan, terutama pada tingkat elektronik otomotif di bawah aliansi strategis dengan pengembang utama produsen listrik chipset dunia.

Sebagai informasi, LG Innontek kabarnya telah memasok charger daya nirkabel menerima modul untuk produsen ponsel pintar global seperti LG Electronics, Motorola, dan Kyosera, dan Nexus 4 di tahun 2012. Produk yang dihadirkan sebelumnya itu, masih menggunakan modul transmisi 5-watt yang diklaim lebih hemat 70 % dari pengisian yang telah ada.