ArenaLTE.com – Google mengklaim jika kamera Pixel dan Pixel XL benar-benar jempolan dan spesial. Tentu bukan tanpa alasan sampai Google berani mengeluarkan klaim seperti itu. Lalu seperti apa sih gambaran kemampuan kamera Google Pixel?

Google baru saja merilis dua amunisi baru mereka yakni Pixel dan Pixel XL, masing-masing mengandalkan layar dengan bentang 5 inci dan 5,5 inci. Selain mengantongi spesifikasi terkini nan powerful, Pixel sebenarnya bisa sombong di aspek lain. Google mengklaim Pixel merupakan salah satu ponsel dengan kamera yang paling powerful saat ini.

Benarkah? Sedikit gambaran tentang spesifikasi kamera Google Pixel bisa membantu kita mengintip seperti apa performanya.

kamera pixel

Pertama-tama, baik Pixel maupun Pixel XL sama-sama mengandalkan kemampuan kamera yang sama. Kekuatan fotografi ponsel ini disokong oleh image sensor Sony IMX378 berkekuatan 12MP, lensa aperture f/2.0 dan piksel 1.55-micron.

Meski tak mendukung kamera belakang ganda seperti flagship lain yang beredar saat ini, tapi ada beberapa hal spesial dari kamera Pixel dan Pixel XL. Salah satunya adalah HDR+, sebuah mode high-dynamic range yang memungkinkan jepretan yang sangat wide dengan warna impresif. Meski dalam keadaan pencahayaan yang ekstrim.

Bedanya dengan HDR yang tertanam di smartphone lain, fitur HDR+ ini merupakan efek nan cerdas yang tak memerlukan kontras tinggi atau peningkatan saturasi. Fitur ini juga sudah aktif secara default untuk setiap gambar yang dihasilkan.

Lebih jauh lagi, fitur HDR di ponsel pada umumnya memberikan tantangan tersendiri pada prosesornya. Gambar HDR dihasilkan saat ponsel menangkap beberapa gambar standard an menyatukannya. Ujung-ujungnya adalah memotret memakai fitur ini cenderung lambat dan berdampak pada hasil yang membayang saat menjepret obyek bergerak.

Nah, HDR+ diklaim Google sanggup menjepret gambar berbasis HDR dengan sangat cepat. Sehingga hasil foto yang diperoleh dalam Pixel menjadi lebih spesial.

Tak hanya itu, kamera ponsel ini memiliki software stabilization untuk video meskipun sebenarnya tak memiliki optical image stabilization (OIS). Kehebatan kamera Google Pixel ternyata sudah mendapat acungan jempol. DxOMark memberikan skor 89, rating tertinggi yang pernah dicatatkan oleh kamera ponsel. Persis di bawahnya, yaitu skor 88 adalah Samsung Galaxy S7 Edge, HTC 10 dan Sony Xperia X Performance.

Hasil Foto Kamera Google Pixel oleh DXO Mark:

Hasil foto indoor yang tajam dan minim noise
Hasil foto indoor yang tajam dan minim noise
Hasil kamera Google Pixel jika dibandingkan kompetitor
Hasil kamera Google Pixel jika dibandingkan kompetitor
Hasil kamera jika diperbesar
Hasil kamera jika diperbesar