ArenaLTE.com – Intel Developer Forum (IDF) yang digelar di San Francisco, Amerika Serikat (19/8/2015) memberikan panggung bagi Direktur Utama Intel, Brian Krzanich berbicara bagaimana “sensification” pada komputasi sedang naik daun sebagai barisan terdepan dari inovasi komputasi selanjutnya. Dalam pidato pembukaannya tersebut, Krzanich umumkan kerjasama Intel dengan Google dengan menggabungkan teknologi Intel RealSense meraka kedalam Google Project Tango.

Project Tango pertama kali diperkenalkan Google pada awal tahun 2014, teknologi ini memungkinkan perangkat mobile membuat peta 3D dalam ruangan menggunakan teknologi depth-sensing dengan cepat dan mudah.

RealSense sendiri adalah software kamera 3D besutan Intel, yang dapat digunakan dalam perangkat dan aplikasi untuk melakukan hal-hal seperti perintah melalui penggunaan gestur dan suara. Smartphone Intel RealSense menampilkan Project Tango Google yang memungkinkan pengalaman baru termasuk indoor navigation dan area learningvirtual reality gaming3D scanning, dan masih banyak lagi.

Krzanich juga memperagakan live demo di atas panggung untuk memperkenalkan perangkat keras dan aplikasi perangkat lunak terbaru berdasarkan teknologi Intel RealSense. Krzanich mengangkat prototipe Android smartphone yang sukses menggabungkan kedua teknologi tersebut di atas panggung. Saat itu, Krzanich bahkan berani mengklaim “(smartphone ini) menerabas apa yang ponsel bisa lakukan.” Dia mengatakan salah satu penggunaan potensial adalah menggunakan perangkat untuk scanning objek 3D lalu mencetaknya dengan printer 3 dimensi.

Selama presentasi Intel RealSense berlangsung, salah satu hal paling keren adalah demonstrasi versi terbaru dari produk layar interface 3D hologram bernama “floating display” yang sebelumnya dia perlihatkan awal tahun ini pada acara CES. Display interaktif semu-hologram tersebut kini dilengkapi haptic feedback untuk pengalaman yang lebih nyata bagi penggunanya.

Teknologi Intel RealSense membuka lebih banyak kesempatan bagi para developer untuk menciptakan perangkat keras dan perangkat lunak dengan teknologi depth sensing baru. Sebagai tambahan selain Project Tango Google, Windows dan Android, para developer akan dapat menggunakan teknologi Intel RealSense dengan Mac OS X, Linux, dan Unreal Engine 4, yang banyak digunakan oleh developer game saat ini.

Krzanich mengatakan seraya IOT berekspansi ke perangkat mobile, rumah dan pakaian, komputasi menjadi lebih personal. Dia memperkirakan bahwa komputasi akan terintegrasi dengan penginderaan manusia. (bda)