ArenaLTE.com – Belum lama ini ada berita bahwa Xiaomi tengah mengajukan paten rancangan drone yang dapat dikendalikan dari smartwatch. Nah, jika langkah Xiaomi masih dalam tatanan konsep, maka di Taiwan sudah mampu buktikan itu. Mereka berhasil memanfaatkan Apple Watch, smartwatch besutan Apple sebagai alat kendali drone.

Dikutip dari Ubergizmo.com, tim peneliti dari Taiwan berhasil menemukan cara untuk menggunakan sensor yang ada pada Apple Watch. Sehingga mereka dapat  menggunakan sebagai alat kendali drone dengan cara menggerakkan tangan. Jenis drone yang digunakan adalah Parrot AR Drone. Tech Insider menyebutkan, untuk menentukan arah terbang drone tersebut, penggunanya dapat menggerakkan tangan ke kanan dan ke kiri, sementara untuk membuat drone terbang lebih tinggi, penggunanya cukup mengangkat tangan.

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, Apple Watch dilengkapi dengan berbagai macam sensor. Dua diantaranya adalah akselerometer, sensor pengukur percepatan, dan giroskop, sensor pelacak gerakan. Untuk menjalankan proyek ini, PVD+ menciptakan Dong, yakni aplikasi dengan algoritma khusus untuk mengubah gerakan tangan menjadi perintah yang dimengerti mesin komputer.  Algoritma ini telah dikembangkan selama 18 bulan.

Kemampuan Dong menerjemahkan perintah dari gestur diuji coba di Park Lane Department Store, di Gongyi Road, Taichung City, Taiwan. Mark Ven, Co-Founder PVD+  dan kawan-kawannya berhasil mendemonstrasikan bagaimana drone berjenis Parrot AR Drone 3.0, dapat dikendalikan hanya dengan menggerakkan tangan yang mengenakan Apple Watch.

Dalam video demonstrasi yang diunggah ke YouTube, Mark Ven menunjukkan bagaimana dia dapat mengubah warna lampu pijar menjadi warna merah dengan menggambar huruf “R” di udara dengan tangannya.