ArenaLTE.com – Facebook semakin gencar mempromosikan virtual reality (VR). Sebagai wujudnya, jejaring sosial terbesar di dunia ini bakal merilis sebuah fitur terbaru mereka Facebook foto panorama 360 Derajat, fitur ini dapat menyulap foto panorama menjadi foto 360 derajat, yang tentunya bisa dinikmati menggunakan perangkat VR.

Dikutip dari Ubergizmo Facebook telah mengumumkan bahwa dalam beberapa minggu ke depan, penggunanya akan dapat mengambil foto panorama 360 derajat di ponsel Kita dan kemudian meng-uploadnya langsung ke Facebook. Dengan fitur Facebook foto panorama 360 Derajat ini, Kita dapat memiringkan ponsel Kita untuk mendapatkan tampilan penuh, atau mendrag dengan jari Kita atau dengan kursor mouse.

Tapi bagaimana jika Kita ingin melihat foto-foto 360 derajat dengan headset VR? Jangan khawatir, Facebook juga akan menambahkan foto untuk aplikasi Oculus sehingga Kita dapat melihatnya dengan VR. Nantinya, foto-foto hasil perubahan tersebut akan langsung ditampilkan di linimasa untuk dinikmati pengguna lainnya. Selanjutnya, pengguna cukup memakai headset VR dan klik salah satu foto tersebut.

Dengan fitur Facebook foto panorama 360 Derajat ini, hasil foto panorama yang sebelumnya datar dan hanya terlihat horizontal akan berubah menjadi 360 derajat secara otomatis. Seperti lazimnya foto 360 derajat, pengguna bisa melihatnya dari bagian kanan, kiri, atas, dan bawah.

Facebook foto panorama 360 Derajat (Menariknya, pengguna tidak perlu menggunakan alat rekam 360 derajat khusus untuk bisa menggunakan fitur Facebook foto panorama 360 Derajat ini. Pengguna cukup menggunakan smartphone biasa, seperti iPhone atau berbasiskan Android. Selain itu, pengguna bisa juga memakai aplikasi kamera 360 derajat yang banyak beredar.

Facebook memang sedang gencar mempromosikan teknologi Virtual Reality (VR) bahkan CEO Facebook Mark Zuckerberg meyakini bahwa VR adalah masa depan teknologi dan tren berikutnya. Tak bisa dipungkiri popularitas konten VR (virtual reality) terus meningkat. Kepala Oculus, Max Cohen mengatakan bahwa satu juta orang menggunakan Samsung Gear VR bulan lalu dan rata-rata pengguna menghabiskan waktu 25 menit setiap harinya untuk melihat konten VR.

Tak cuma Facebook, perusahaan besar lain seperti Samsung, Google, dan HTC juga gencar membuat berbagai perangkat untuk menikmati dunia virtual mulai dari foto, hingga video dan game yang bisa dilihat 360 derajat.