ArenaLTE.com – Tahun 2016 telah tiba, tahun baru harus disambut dengan harapan baru yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Banyak hal telah terjadi pada tahun 2015 khususnya perkembangan Android dengan berbagai fitur dan kemampuan terbaru yang berhasil dihadirkan dalam smartphone Android selama tahun 2015. Bagaimana dengan Android tahun 2016, apasaja yang kita harapkan dari teknologi Android ini selama setahun kedepan? Jawabannya tentu saja, banyak!. Tahun ini akan menjadi tahun yang sangat menarik bagi Android tahun 2016, dan akan banyak bermunculan teknologi baru yang dilahirkan. Berikut ini 9 hal menarik yang paling ditunggu dari Android tahun 2016.

Android NAndroid N

Tahun 2015 ditutup oleh Android dengan melahirkan versi Android M yang merupakan versi Android 6.0 dengan nama Marshmallow. Dari berbagai rumor yang beredar, versi selanjutnya dari Android yaitu Android N. Meskipun belum banyak informasi mendetail dari versi Android N ini, namun satu hal yang menarik yaitu akan hadirnya fitur terbaru di Android N yaitu “Split Screen UI”. Hal ini terungkap dari tim yang membesut notebook Hybrid buatan Google yaitu Pixel C yaitu Chrome and Android Director of User Experience Glen Murphy yang mengungkapkan bahwa tim nya sedang bekerja keras untuk menghadirkan fitur terbaru ini, akan hadir banyak fitur menarik seperti tampilan multi-window dan akan mengumumkan fitur ini, secepatnya. Dan dari namanya, apakah makna N dari versi Android N ini? Apakah Nutella? Nougat?
Baca juga: 7 Alasan Penting Kenapa Harus Pakai Smartwatch

Huawei dan XiaomiInvasi Smartphone Android China

Negara China penting bagi Android dalam dua hal, yang pertama yaitu sebagai pangsa pasar yang luas dan merupakan negara dengan pertumbuhan bisnis pabrik smartphone yang paling cepat dan agresif. Vendor asal China seperti Xiaomi dan OnePlus memiliki rantai pasokan produk yang efisien dan mampu menghadirkan smartphone yang mampu bersaing dengan produk dikelasnya bahkan smartphone branded yang sudah banyak beredar. Sebut saja Xiaomi yang dikenal sebagai Apple dari China yang mampu memberikan serangan atas dominasi Samsung. Juga Hisense, yang sudah menguasai pasar smartphone Indonesia melalui seri Andromax Smartfren dan kini sudah mulai menghadirkan produknya sendiri dengan brand produk bernama Hisense Pureshot.

3D TouchTouch Technology

Jika kalian para pengguna smartphone Android merasa iri dengan teknologi 3D touch yang dimiliki oleh iPhone terbaru , tahun ini diperkirakan teknologi 3D touch ini segera hadir di smartphone Android. Teknologi ini sedang dikembangkan oleh Synaptics’ ClearForce yang bekerja sama dengan salah satu vendor smartphone terkemuka untuk memasangkan teknologi touch sensing tech kedalam smartphonennya. Diperkirakan smartphone dengan kemampuan sensor pendeteksi sentuhan dengan tekanan ini akan segera beredar pada awal tahun 2016 ini.

qualcomm snapdragon 820Prosesor Dahsyat

Dua prosesor paling canggih yang akan mewarnai tahun 2016 akan dikuasai oleh Snapdragon 820 dan Exynos 8 yang akan ditancapkan pada smartphone android yang paling canggih. Diperkirakan pada tahun 2016 ini, prosesor Exynos 8 rancananya akan menjadi dapur pacu bagi seri Samsung Galaxy S7 sementara Snapdragon akan tertanam pada seri smatphone flagship lainnya. Namun dari hasil benchmark yang banyak beredar, terlihat bahwa Snapdragon 820 masih menjadi prosesor paling powerfull hingga saat ini jika dibandingkan dengan prosesor lainnya.

Youtube Music StreamingYouTube Music

Meskipun Google Play Music All Access memiliki kemampuan yang handal, namun sebagai sebuah brand masih kalah kuat dengan Spotify atau Apple Music. Namun kekuatan brand dimiliki oleh Youtube. Meskipun kehadiran Youtube Music pada bulan November lalu masih terganggu oleh bayang-bayang layanan subscription Youtube Red namun YouTube Music akan menjadi senjata utama smartphone Android di tahun 2016.

ad blockBlokir Fitur Pemblokir Iklan

Penggunaan fitur pemblokir iklan (Ad Blocking) sedang menjadi bahan pembicaraan sekarang ini, dan dipastikan pada tahun 2016 peraturan mengenai penggunaan fitur ini akan semakin memanas. Beberapa operator akan memasangkan fitur pemblokir iklan ini secara otomatis untuk menghemat penggunaan bandwidth bagi penggunanya dan beberapa developer juga menawarkan fitur ini untuk didownload pengguna smartphone untuk menghindari gangguan iklan yang muncul. Namun disisi lain penggunaan fitur pemblokir iklan ini akan mengurangi pendapatan dari website atau aplikasi lainnya, bahkan bebreapa website dan aplikasi sudah melakukan blokir terhadap pengguna yang menggunakan fitur ad block ini. Dan perang ad block ini akan semakin sengit di tahun 2016.

dark themeTema Berwana Gelap

Pada tampilan perdana developer Android Marshmallow menawarkan sebuah tampilan tema bernuansa gelap (dark theme). Tema dengan warna gelap ini akan mengurangi konsumsi layar dan mampu menghemat baterai, karena konsumsi baterai paling boros yaitu untuk layar. Namun sepertinya tema gelap (dark theme) ini belum dinal masuk kedalam Android M, diperkirakan dark theme ini akan muncul di Android N pada tahun 2016 mendatang.

Lalu menurut kalian apalagi yang akan muncul di Android tahun 2016? Bagikan ide, pendapat dan harapan kalian dengan ikutan komentar disini.

Comments