ArenaLTE.com – Jika beberapa waktu lalu kami menuliskan tips untuk memilih smartphone IDR2 jutaan terbaik. Maka kali ini sedikit berbeda, tips ini sepertinya tepat diterapkan bagi pengguna yang sedang memilih smartphone 4G LTE terbaik untuknya. Pasalnya, sering kali banyak orang berpikir bahwa dengan harga yang tinggi menggambarkan produk terbaik. Padahal, disaat seperti ini dimana koneksi internet 4G tercepat sudah bisa dirasakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan smartphone 4G saat ini.

Harga memang tak menutup kemungkinan bahwa Anda akan mendapatkan smartphone high premium dengan segala fitur kekayaannya. Namun, sedikit yang menyayangkan bahwa dengan harga tersebut justru bisa menjadi bumerang sendiri bagi pengguna. Memilih smartphone 4G memiliki cara tersendiri, hal ini dilihat dari fungsi dan kenyamanan menikmatinya.

Berikut tips memilih smartphone 4G LTE terbaik

  1. Konektivitas

Mungkin sudah banyak yang tau perihal smartphone 4G yang memiliki konektivitas unggulan. Hal itu bisa diindikasikan melalui pita frekuensi jaringan yang sudah didukung ponsel. Pun demikian, bukan berarti bahwa semua ponsel 4G sudah bisa mendukung semua jaringan operator. Saat memilih smartphone 4G LTE, cermatilah spesifikasi koneksi saat memilih, karena ponsel yang bagus adalah mendukung semua jaringan 4G operator.

Saat ini, kebanyakan pengguna melakukan aktivitas internet melalui smartphone mereka, bahkan saat menonton TV sekalipun. Tapi sayangnya, fungsi utama ponsel sebenarnya bukanlah hanya untuk internet, menelfon dan SMS haruslah tetap berjalan. Untuk hal ini, sebaiknya Anda memilih smartphone 4G LTE dengab dukungan Dual SIM card dan pastikan yang mendukung Dual SIM ready bukan Dual Standby.

LTE

2. Baterai

Mengakses internet bukan hanya membutuhkan koneksi yang kencang, dibalik itu semua Anda harus memastikan bahwa tenaga ponsel tetap prima. Ini juga bukan sekedar soal baterai dengan kapasitas yang besar atau kecil, meski hal ini mempengaruhi berapa lama Anda bisa tetap aktif di smartphone 4G. Tetapi yang patut dipastikan adalah kecepatan mengisi baterai itu sendiri, karena pengisian baterai yang lebih cepat akan membawa Anda tetap aman ketika baterai sudah benar-benar habis.

Baca: Yuk! Melihat Perkembangan Teknologi Baterai Smartphone yang Kian Canggih

3. Kamera

Resolusi sensor kamera yang besar tidak selalu mempengaruhi hasil gambar menjadi baik. Ada banyak syarat untuk mendapatkan proporsi itu. Namun, untuk sebuah kamera ponsel ada baiknya pilihlah yang memiliki nilai aperture besar, karena hal ini akan memberikan Anda hasil gambar yang lebih terang bahkan saat dalam pengambilan di kondisi gelap. Konektivitas 4G akan mampu membawa hasil gambar terbaik Anda, bahkan dengan kapasitas file lebih besar akan tersaji di medsos lebih cepat. Inilah alasan kamera menjadi hal yang patut Anda  teliti dalam memilih smartphone 4G nantinya.

4. Paket Data

Berbicara mengenai internet, pastinya akan selalu berhubungan dengan kuota aksesnya. Nah, dalam hal ini sebaiknya perhatikan benar macam dan tarif paket yang ditawarkan oleh operator. Karena tak sedikit berbeda tarif, namun justru banyak kelebihan yang diberikannya. Namun ingat, akses 4G bukan berarti adalah keborosan. Karena sering tanpa disadari pengguna bahwa koneksi 4G LTE memang sedikit lebih cepat, sehingga hal ini sering membuat terlena dan tanpa sadar kuota akses cepat habis sebelumnya waktunya.

5. Layar

Era konektivitas 4G adalah era konten multimedia, dimana video dan musik disajikan dengan beragam kualitas visual terbaik. Untuk mendapatkan hal itu, sebaiknya perhatikan apakah layar smartphone 4G yang Anda pilih sudah benar mendukung akan kebutuhan Anda atau sebaliknya. Pasalnya, layar besar dan mampu mendukung resolusi gambar dan video yang tinggi tentulah akan semakin baik. Namun sayangnya, Anda juga harus pahami akan kebutuhan ini karena meski terasa lebih nyaman menikmati kualitas video dalam resolusi yang tinggi, hal ini akan berimbas juga pada konsumsi paket data yang digunakan.