ArenaLTE.com – Penggila Apple, iOS 9 akhirnya datang. Apple baru saja meluncurkan mobile platform versi terbarunya tersebut untuk iPhone dan iPad. iOS 9 dibundel dengan berbagai fitur terbaru yang tentu saja harus kita ketahui. Nah, berikut ada sembilan fitur terbaik dari iOS 9 yang sepertinya harus kamu cermati.

Low Power Mode

Ini dia salah satu fitur terpenting yang disisipkan dalam iOS 9: Low Power Mode. Fitur ini terdapat dalam setting khusus yang bisa diaktifkan kapan saja untuk memperpanjang daya tahan baterai iPhone dan iPad kamu. Tanpa harus berpanjang lebar, fitur iOS 9 ini lebih krusial untuk iPhone ketimbang iPad.

Low Power Mode akan mematikan beberapa elemen seperti background app refresh, download otomatis dan mail. Tujuannya untuk memperpanjang daya tahan baterai selama mungkin. Pop-up untuk mengakses Low Power Mode akan muncul saat baterai tersisa 20 persen dan 10 persen. Juga bisa diaktifkan kapan saja di Settings > Battery.

Tombol ‘back’

Akhirnya iPhone menyertakan tombol ‘back’. iOS memang masih belum memiliki tombol back universal seperti Android. Tapi sekarang ada tombol back pada fitur iOS 9 yang akan muncul di pojok kiri atas layar setiap kita berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain.

tombol-back

QuickType

Banyak yang menganggap virtual keyboard Apple sedikit ketinggalan , bahkan sampai iOS 8. Pengalaman menggunakan papan ketik pada iPhone maupun iOS sebenarnya tetap mengasyikkan berkat display yang lebih responsif dari para rivalnya. Tapi keyboardnya masih memerlukan pembenahan di sana-sini.

Kini dalam fitur iOS 9 ini, kita akan menjumpai hal baru. Kita sekarang bisa melihat jika tombol ‘shift’ diaktifkan karena huruf pada keyboard akan berubah baik lower case atau upper case. Kamu juga bisa menikmati shortcut baru, prediksi kata yang lebih baik dan lain-lain.

Super Siri

Di iOS 9, Siri sekarang mendapat tambahan fitur proaktif yang selama ini membuat Gooogle Now terlihat jempolan. Yakni, informasi kunci dan suggestion bantuan, bahkan sebelum pengguna sempat bertanya. Siri juga bisa menangani banyak kueri dan permintaan dan kamu bisa merangkainya. Ini dia beberapa info seputar hal yang bisa dilakukan Siri di iOS 9.

Split View

Jika kamu mempunyai iPad terbaru dengan RAM 2GB, maka iOS bisa mengguncang duniamu. Split View adalah fitur yang sudah lama disisipkan dalam tablet besutan Samsung. Kini iOS 9 mulai menyertakan fitur serupa. Seperti namanya, Split View memungkinkan kita membuka dua aplikasi berdampingan dalam satu layar terpadu secara bersamaan. Ada juga fitur Slide Over yang memberi kesempatan buat pengguna untuk membuka aplikasi dalam sepertiga layar untuk berinteraksi secara cepat dan menutupnya kembali ke background.

Picture in Picture

Ini adalah fitur iOS 9 yang hanya tersedia untuk iPad dan tentunya sudah berjalan di iPad terbaru. Dengan fitur ini, kita bisa terus menonton video atau menjalankan FaceTime saat sedang beraktifitas menggunakan aplikasi lain. Akan muncul jendela kecil di layar utama sehingga tidak mengganggu aplikasi yang tengah dipakai.

picture-in-picture

Wallet

Passbook sekarang dinamai Wallet dalam iOS 9 dan sudah dibubuhi banyak fitur baru. Contohnya, Wallet sekarang bisa menampung kartu kredit, kartu reward dan kartu membership. Sebuah loncatan yang efektif menyambut era dompet digital seperti sekarang, apalagi jika dikombinasikan dengan Apple Pay.

Transit direction

iOS 9 menambahkan public transit direction ke dalam aplikasi Maps atau peta. Fitur terbaru ini akan memberitahu kita bis yang bisa membawa ke lokasi tertentu dan di stasiun kereta mana kita harus menumpang selanjutnya. Fitur ini juga akan memberikan walking direction ke stasiun sehingga bisa mempermudah. Sayangnya, fitur ini baru tersedia di 10 lokasi khusus saja.

Aplikasi Notes terbaru

Aplikasi Notes dalam iOS 9 layak mendapat sorotan. Apple sudah menyempurnakan aplikasi ini dan menambah beberapa fungsi baru. Kita bisa mengambil foto dari aplikasi Note dan menambahkan teks. Atau menggambar dan membuat sketsa dalam aplikasi, mengubah list menjadi checklist. Tersedia juga halaman share memungkinkan kita menambah website, foto, peta dan lain-lain tanpa harus keluar dari aplikasi.