ArenaLTE.com – Samsung baru saja merilis The A Team terbaru mereka yang beranggotakan Galaxy A7, A5 dan A3. Jajaran keluarga Samsung Galaxy A Series ini membawa berbagai fitur dan hardware mutakhir mulai dari kamera mendukung OIS, fingerprint sensor atau pemindai sidik jari hingga Samsung Pay.

Keluarga Samsung Galaxy A Series ini akan meluncur pertama kali di Tiongkok pada pertengahan Desember. Ekspansi secara global bakal segera menyusul kemudian. Harga Samsung Galaxy A3 sekitar 329 dolar AS, Samsung Galax A5 sekitar 399 dolar dan Samsung Galaxy A7 masih belum diungkap.

samsung galaxy a series

Berikut kami beberkan sedikit fitur dan spesifikasi anggota dari A-Team generasi barunya Samsung ini.

Samsung Galaxy A7 (2016)

Samsung Galaxy A7 (2016) adalah smartphone dengan ukuran paling besar. Pada bentang layar seluas 5,5 inci, Galaxy A5 menyuntikkan display Super AMOLED yang resolusi full HD 1080p. Bezel yang mengelilingi sekitar layar dari Samsung Galaxy A series terbaru ini sudah dipangkas habis, membuat bentuknya semakin ramping saja.

Bodi Samsung Galaxy A7 dirancang dari konstruksi logam dan kaca, tak jauh berbeda dengan smartphone flagship terbaru perusahaan dari keluarga Galaxy S dan Note. Tubuh Samsung Galaxy A7 sendiri memiliki ketebalan 7,3 mm (lebih tebal dari A7 dan A8 versi pendahulu) dan memiliki berat 172 gram (juga lebih berat dari pendahulunya).

Perusahaan menancapkan prosesor octa core yang berjalan dengan sistem operasi Android 5.1 Lollipop. Guna mendongkrak kinerjanya, Samsung Galaxy A7 mengusung RAM yang totalnya 3GB serta memori internal 16GB. Tak ketinggalan, Samsung meyediakan slot memori microSD untuk memperbesar ruang penyimpanan.

Baterai smartphone ini juga sudah diperbesar lho yakni berkapasitas 3300 mAh. Tidak hanya itu, pada peminat Samsung Galaxy A7 akan semakin lebar senyumnya karena di sektor daya ini, Samsung sudah memberikan dukungan Fast Charging.

Kameranya berkekuatan 13MP dengan aperture lebih lebar, f/1.9 serta sudah mendukung OIS. Begitu juga dengan kamera selfie yang memiliki aperture f/1.9. Samsung Galaxy A7 mengandalkan fitur baru sensor sidik jari dan Magnetic Secure Transmission buat meningkatkan kemampuan security.

Oh ya, chipset baru yang dibenamkan dalam smartphone ini membawa dukungan LTE Cat. 6 yang kecepatan downloadnya mencapai 300Mbps. Samsung Galaxy A7 juga mendukung kapabilitas dual SIM card.

Samsung Galaxy A5 (2016)

Samsung Galaxy A5 generasi baru ini tampil lebih buas dari pendahulunya. Hadir dengan layar Super AMOLED seluas 5,2 inci resolusi full HD 1080p sementara versi lawasnya hanya tampil dengan layar 5 inci resolusi HD 720p. Tapi bodi Samsung Galaxy A5 lebih tebal yakni sekitar 7,3mm jika dibanding pendahulunya yang hanya 6,7 mm. Bobotnya lebih berat 32 gram menjadi 155 gram.

Anggota Samsung Galaxy A Series ini sudah tidak menggunakan prosesor quad core lagi karena perusahaan menyegarkannya dengan chipset baru yang ditunjang delapan inti (octa core). Tapi RAM yang diusung masih sebesar 2GB sementara memori internalnya 16GB. Kapasitas baterai Samsung Galaxy A5 diperbesar menjadi 2900 mAh.

Sama seperti Galaxy A5, handset ini menanamkan kamera 13MP yang mendukung OIS dan kamera 5MP di sektor depan. Sebuah sensor sidik jari dan Samsung Pay dengan MST juga sudah ditempelkan di smartphone ini. Spesifikasi Samsung Galaxy A7 ini bakal disupport dengan fitur dual SIM card.
Baca juga: Samsung Galaxy A5: Spesifikasi Menengah Desain Mewah

Samsung Galaxy A3 (2016)

Samsung Galaxy A3 (2016) menawarkan layar Super AMOLED seluas 4,7 inci yang disuplai resolusi HD 720p. Sama seperti saudaranya yang lain, smartphone ini juga dirancang dari material logam dan kaca untuk mendongkrak cita rasa premium. Desainnya memiliki ketebalan 7,3 mm dan berat 132 gram.

Sayang, prosesor Samsung Galaxy A3 masih mengandalkan inti quad core yang disokong RAM 1.5GB serta memori internal 16GB. Sementara untuk baterainya, Samsung Galaxy A3 menawarkan kapasitas 2300 mAh.

Untuk kamera, perusahaan sudah menyisipkan sensor berkekuatan 13MP di bagian belakang bodi serta kamera selfie 5MP yang mengusung aperture f/1.9. Tapi harap dicatat, jika kamera smartphone ini belum mendukung IOS. Oh ya, Samsung Galaxy A3 adalah satu-satunya anggota yang tidak memiliki sensor sidik jari.