ArenaLTE.com – Samsung belum lama ini meluncurkan Galaxy Note 7 dengan varian 4GB dalam perhelatan Galaxy Unpacked yang dihelat di New York, AS. Belakangan beredar selentingan bahwa sang vendor juga menyiapkan varian 6GB. Adalah Galaxy Note 7 versi China yang belum lama ini terdeteksi di situs TENAA (lembaga sertifikasi ponsel Tiongkok).

Samsung sendiri kabarnya segera meluncurkan Galaxy Note 7 di India pada 11 Agustus 2016 nanti. Sementara di Tiongkok, peluncuran bakal digelar 26 Agustus 2016. Nah, Samsung Galaxy Note 7 versi China ini berpotensi terungkap pada momen tersebut, eksklusif untuk pasar negeri Tirai Bambu.

samsung galaxy note 7 dual simSekedar informasi saja, Samsung Galaxy Note 7 untuk pasar AS adalah varian yang berbasis chipset Snapdragon 820 dan menyusupkan RAM 4GB serta memori internal 64GB. Sementara untuk Galaxy Note 7 yang masuk pasar Asia (India dan Tiongkok) disinyalir mengandalkan chipset octa core Exynos yang merupakan produk in-house Samsung.

Saat ini memang masih belum ada informasi seputar harga Samsung Galaxy Note 7 untuk India. Namun, khusus Galaxy Note 7 versi China, beredar bocoran harganya. Varian Samsung Galaxy Note 7 dengan RAM 4GB dibanderol sekitar 5688 yuan atau setara IDR 11.376.000 (kurs 2000). Kemudian varian Galaxy Note 7 versi China (RAM 6GB) dipatok 6088 yuan atau IDR 12.176.000.

Dari listing TENAA, terlihat jika varian 6GB RAM akan ditemani dengan memori internal 128GB. Lebih jauh, kedua varian tersebut bakal dijejali dengan slot microSD yang bisa diekspansi hingga 256GB. Galaxy Note 7 ini juga akan mengusung dual SIM card slot.

Soal sistem operasi, flagship andalan Samsung ini bakal menyematkan Android 6.0.1 Marshmallow yang dilapisi dengan antarmuka TouchWiz UI. Update Android 7.0 Nougat pun sepertinya terbuka lebar saat versi baru itu sudah resmi dirilis.

Samsung Galaxy Note 7 menyuguhkan layar Super AMOLED dengan bentang 5,7 inci disuntik resolusi QuadHD. Seri ini termasuk anti air dan anti debu berkat dukungan sertifikasi IP68. Bahkan S Pen atau stylus-nya pun anti air dan anti debu serta mampu bekerja dalam kondisi basah.

Smartphone ini menjadi seri pertama Samsung yang mendukung port USB 3.1 Type-C dan didukung fast charging serta wireless charger. Kameranya berkekuatan 12MP di belakang dan 5MP di depan. Selain dilengkapi sensor sidik jari, Galaxy Note 7 punya pemindai iris mata di area depan.