ArenaLTE.com – Bagi kalian yang suka dengan barang premium, sekaligus penggemar music. Siap-siaplah menyambut besutan baru LG Mobile, sebuah smartphone super premium dengan fitur kelas atas dan harga –yang menurut bocoran—sepuluh juta rupiah kurang sedikit. Wow! Menurut pihak LG Mobile Communication Indonesia, seri LG V20 ini bakal mulai dibuka pre-order pada 25 November ini. Belum tahu juga, apakah pada masa pre-order bakal tersedia bonus atau diskon khusus. Sementara jadwal tersedia di pasar, direncanakan bakal dimulai di awal Desember nanti.

Jadi, kalau tertarik memiliki masterpiece dari LG Mobile ini, mulailah menabung, karena terus terang harganya bikin senyum kecut bagi mereka yang punya bujet ngepas. Hanya saja pertanyaannya, V20 ini pantas menyandang harga segitu tinggi? Nah, mari kita intip sedikit smartphone flagship buatan Korea ini. Kebetulan ArenaLTE sudah memegang unit test LG V20.

LG V20Desain LG V20

Berukuran di atas rata-rata smartphone yang saat ini banyak beredar. Itu disebabkan ponsel ini dipasangi layar utama 5.7 inch plus penambahan second screen, yang membuatnya jadi lebih besar dibanding smartphone premium sekelas. Tapi itu bukan masalah. Pertama, karena tetap enak dalam genggaman, dan kedua, bagi sebagian orang, justru suka dengan ukuran yang besar.

Soal penampilan, tampak depan LG V20 mampu menampilkan kesan berkelas. Kelihatan sekali bahwa smartphone ini merupakan hasil pengerjaan yang teliti, yang memperhatikan detil-detil desain serta memperhatikan pengerjaan akhir yang sempurna. Frame metal dove, yang hanya kentara pada bagian atas dan bawah, menambah kuat kesan classy-nya. Dari point ini, kelihatan sepadan dengan harganya. Tapi tidak untuk bagian back cover. Kelihatan biasa-biasa saja, dengan unsur material plastiknya yang kuat. Ditambah lagi dengan banyaknya ornament di bagian belakang. Ada dua lubang lensa plus flash light, serta tombol on/off.

LG V20
Hi-Fi yang Berjalan

Namun bukan soal desain yang menjadi tolok ukur utama smartphone ini. Jualan utamanya adalah pada fitur audio. Teknologi audio yang dipersiapkan untuk V20 ini adalah teknologi audio kelas wahid, diperuntukkan agar menghasilkan suara (audio) kelas wahid pula. Mampu memutar file music dengan standar hi-fi. Kita tahu, para penikmat musik pastilah mengidamkan punya perangkat hi-fi, untuk memanjakan telinga, menikmati alunan music dengan kualitas suara sebening kristal dan menggelegar laksana guntur.

Kini, LG Mobile meng-klaim mampu menghadirkan kualitas audio sekelas Hi-Fi dalam smartphone V20. Karenanya, mereka tak sungkan untuk berbicara bahwa, di manapun Anda ingin menikmati musik, tak perlu repot menggotong perangkat hi-fi. Cukup bawa LG V20, dan Anda bisa mendengarkan alunan music sekualitas hi-fi. Istilahnya, LG V20 adalah sebuah perangkat Hi-Fi yang berjalan.

LG V20Ah, mungkin klaim itu agak berlebihan. Namun mari tengok dulu jeroan ponsel ini, biar kita sedikit paham, kenapa LG Mobile berani mengklaim seperti itu. Pertama, LG V20 dibekali chipset audio buatan ESS empat layer, yang support max 32 bit/384 KHz audio files. Ini mampu mereduksi noise hingga 50%, yang outputnya adalah suara yang lebih bersih. Kemudian, ditanamkan pula teknologi DaC (digital to analog converter). Gunanya adalah membuat kualitas audio digital –yang terkesan flat—mendekati kualitas analog, yang sesungguhnya lebih kaya.

Biar makin yahud, LG Mobile juga tak segan menggandeng perusahaan pembuat headset, B&O Play. Perusahaan ini diminta mendesain dan membuat secara khusus headset yang akan dibundling pada V20. Kenapa dirancang khusus? Menurut Hee Gyun Jang, Head of LG Mobile Communications Indonesia, saat berbincang dengan ArenaLTE, dibutuhkan fine tuning yang akurat, sehingga audio yang disalurkan lewat headset terjaga kejernihannya seperti dari sumber asalnya. Memang, begitu dicoba, terasa benar bedanya mendengarkan musik melalui headset B&O Play ini.

Pakai headset merek lain? Bisa saja. Tapi kata Jang, keempukan suaranya tak akan sama dengan headset B&O Play. Dalam paket penjualannya nanti, sudah termasuk satu unit headset B&O Play. Kalau nanti dalam pemakaian, headset hilang atau rusak, bisa dibeli di gerai-gerai LG. Harganya, belum dikasih tahu.

LG V20Wider Kamera

Menyikapi hobi orang Indonesia yang suka foto-foto, selfie, wefie, kulinerfie…everythingfie, V20 dilengkapi dua lensa di bagian belakang. Satu untuk memotret dengan ukuran normal (70 derajat), satu lagi untuk sudut lebar (135 derajat), yang memungkinkan mendapat ruang foto lebih luas. Jadi tak perlu berdempet-dempetan kalau mau foto rame-rame. Besaran kameranya sendiri adalah 8 Mpix. Sementara di bagian depan, ditaruh lensa lebar 120 derajat. Juga untuk mengakomodasi ruang foto yang lebih lebar. Tapi dengan resolusi yang lebih rendah, hanya 5 Mpix.

Fitur kamera LG V20 dilengkapi dengan moda otomatis, buat kalian yang tak mau repot-repot men-setting kamera. Namun bila ingin hasil yang lebih sreg di hati, atau mau bereksperimen pada hasil foto, bisa memilih moda professional. Di situ kalian bisa mengatur sendiri settingan kamera, seperti layaknya sebuah kamera DSLR.

Untuk urusan focusing pada obyek foto, V20 memiliki fitur LDAF (laser detection autofocus), yakni system pendeteksian focus pada obyek dengan laser, PDAF (phase detection autofocus), serta Contrast autofocus. Ketiganya membantu mengoptimalkan hasil foto agar tajam.

LG V20Double Screen Technology

Yang satu ini memang rada aneh kedengarannya. Screen ganda? Maksud dan kegunaannya apa? Ternyata V20 memiliki dua screen, yang meskipun Nampak satu kesatuan, tetapi itu merupakan screen yang terpisah. Screen depan berukuran 5.7 inch, berfungsi sebagai interface utama. Di belakangnya terpasang screen lagi –yang seperti perpanjangan screen utama pada bagian atasnya.

Gunanya adalah, mempermudah interaksi antara pengguna dengan ponsel. Pada second screen ini, dapat dipasangi shortcut sejumlah menu, aplikasi dan akses kontak. Sehingga, kita bisa ingin mengakses aplikasi ataupun menu lain tanpa harus menutup aplikasi  atau fungsi yang sedang berjalan di screen utama. Termasuk, ketika hendak membalas telepon masuk, sementara kita sedang main game, misalnya. Game tetap dapat berlanjut sementara kita bisa menjawab telepon dengan menekan tombol jawab di second screen.

Oke, setelah menilik beberapa kemampuan dan keistimewaan V20, rasanya memang wajarlah kalau harganya setinggi itu. Apalagi sebenarnya teknologi DAC yang membuat audio makin kinclong itu, bukanlah teknologi murah –setidaknya untuk saat ini. Belum lagi pemakaian prosesor quadcore dari Qualcomm Snapdragon 820 –versi berkelasnya Snapdragon. Plus, yang mungkin bisa menambah nilai jual, smartphone ini menggunakan system operasi Android paling gress, versi 7.0 Nougat. Nah!!

LG V20