ArenaLTE.com – Nokia siap melakukan gebrakan di ajang Mobile World Congress yang dihelat bulan depan. HMD Global, perusahaan asal Finlandia yang mempunyai lisensi untuk merilis handset Nokia bakal merilis setidaknya dua buah unit smartphone Android pada akhir Februari nanti. Yakni Nokia E1 dan D1.

Menurut informasi yang dikutip dari softpedia, HMD berencana meluncurkan setidaknya 6 sampai 7 unit smartphone Nokia hingga tutup tahun 2017. Di antara rangkaian produk tersebut adalah Nokia D1 dan E1 yang kemungkinan melakukan debut pada Q1-Q2 2017.

Nokia D1CaNokia D1 yang juga dikenal dengan sebutan D1C sudah menyebar bocoran dan beberapa detilnya. Tapi di sisi berbeda, Nokia E1 juga mulai muncul ke permukaan. Kini, beberapa informasi baru seputar Nokia E1 kembali terdengar melalui NokiaPowerUser.

Nokia E1Melihat daftar spesifikasi yang terungkap, bisa diprediksi jika Nokia E1 lebih mengarah pada sebuah perangkat entry level. Tapi salah satu hal yang bakal membuatnya terasa lebih menonjol dari smartphone lain di kisaran harga sama adalah seri ini berpotensi muncul dengan dukungan Android 7.0 Nougat.

Sayangnya, meski ditengarai sebagai seri low end, tapi NokiaPowerUser tak mengungkap harga ritel dari Nokia E1. Meski ada rumor lain yang menyebutkan bahwa HMD berencana merilis sebuah smartphone Nokia murah meriah yang dibanderol di kisaran 150 dolar AS atau IDR 1.950.000 (kurs 13000). Memang belum bisa dikatakan bahwa rumor itu mengarah ke E1, tapi kemungkinannya cukup besar.

Secara spesifikasi Nokia E1 bakal mengemas layar 5.2 inci dengan resolusi HD (720p). Sementara bagian jeroannya mengandalkan prosesor quad core Qualcomm Snapdragon 425 dengan clockspeed 1.4GHz. Untuk memorinya, akan dipasangkan RAM 2GB dengan memori internal 16GB beserta slot microSD.

Di area imaging, Nokia E1 mengusung kamera 13MP di bagian belakang bodinya bersama dengan kamera depan 5MP. Belum ada data lebih jauh soal kapasitas baterai yang disisipkan dalam ponsel ini.