ArenaLTE.com – Namanya Lumu, tapi tidak ada kaitannya dengan Lumia meskipun terdengar mirip. Ya, inilah aksesoris anyar yang diciptakan sebagai light meter (pengukur kekuatan cahaya) di smartphone Apple iPhone. Resminya disebut Lumu Power buatan Lumulabs. Light meter ini mengusung model add on yang dikoneksikan pada konektor charging iPhone (lightning connector).  Sebelumnya, Lumulabs juga pernah merilis Lumu Power, namun kali ini hadir dengan sejumlah perbaikan.

Lumu Power terbaru dirancang dengan desain yang lebih kompak, dan fitur-fitur yang digadang diminati oleh para fotografer. Beberapa fitur yang ditawarkan pada aksesoris kamera ini mencakup ambient light levels, dongle yang dapat mengukur temperatur, white balance, dan flash. Kesemuanya amat berguna bagi fotografer untuk menentukan setting pencahayaan yang pas dalam kegiatan pemotretan.
Baca juga: Wah! iPhone Bisa Kendalikan Mobil Mercedes-Benz

Dongle terbuat dari material stainless steel dengan Lexan polycarbonate. Kecanggihan lainnya ada sensor warna, artinya suhu warna pun dapat dipantau. Di Lumu Power, pengguna dapat mengatur setting light meter untuk moda foto dan rekam video, kemudian dapat disesuaikan parameter untuk aperture, exposure time, dan ISO. Kesemua parameter dapat dilihat dengan mudah lewat dukungan aplikasi. Sementara smartphone yang mendukung peranti ini adalah semua devices yang berbasis iOS yaitu iPhone, iPod Touch, dan iPad. Sayang belum ada rencana untuk menyasar gadget Android.

Selain diciptakan untuk kebutuhan fotografer, Lumu Power juga berguna untuk arsitek dalam mengukur tingkat cahaya di area yang berbeda. Light designer juga bisa mengambil hasil yang positif dari inovasi ini. Saat ini Lumu Power masih ‘berada’ di situs kickstarter, disebut-sebut harga jualnya dipatok US$199. Bila target pendanaan telah mencukupi, rencananya akan mulai dikirimkan ke pasar pada pertengahan tahun depan. Anda tertarik?