ArenaLTE.com – Meski belum terlihat momen peluncuran resmi, namun vendor asal Cina Lenovo telah merilis phablet (smartphone tablet) terbarunya yang disasar untuk pasar Asia. Inilah Lenovo Phab Plus yang dilaporkan telah dipasarkan di daratan Cina, Malaysia dan paling baru di India lewat situs Amazon.

Ketimbang kelas phablet lain, Lenovo Phab Plus hadir dengan karakteristik unik, yakni penggunaan layar 6.8 inchi gigantic (1920 x 1080 pixels). Menjadikan phablet ini hanya terlihat sedikit lebih kecil dari tablet 7 inchi.

Dari spesifikasi, Lenovo Phab Plus disokong prosesor Qualcomm Snapdragon 615 dengan chipset octa core. Soal octa core ini terbagi dalam quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 dan quad-core 1.0 GHz Cortex-A53. Untuk kinerja layar mengadopsi GPU (Graphic Processing Unit) Adreno 405. Ternaga untuk berpikirnya dimampatkan dengan kapasitas RAM (Random Access Memory) dan memori internal 32GB. Soal memori internal dapat digenjot sampai kapasitas memori 64GB.

Bicara tentang imaging, kamera utama punya resolusi 13 megapixels dan kamera sekunder (front camera) 5 megapixels. Lenovo Phab Plus berjalan di OS Android 5.0 Lollipop. Sesuai selera Asia, phablet ini dilengkapi fasilitas dual SIM card. Mendukung konektivitas ada jalur 2G/3G dan 4G LTE (Long Term Evolution). Lainnya ada Bluetooth 4.0, WiFi dan microUSB.

Lenovo Phab Plus dengan warna gunmetal platinum ditenagai baterai lithium ion dengan kapasitas 3.500 mAh punya masa siaga 480 jam. Di India Lenovo Phab Plus dibanderol US$283. Belum ada informasi, apakah Phab Plus akan masuk Indonesia atau tidak. Namun mengingat kedekatan pasar antara India, Malaysia dan Indonesia, besar kemungkinan produk ini akan dijajakan di Tanah Air.