ArenaLTE.com – Baterai berkapasitas super besar kini menjadi “mainan” baru bagi vendor smartphone. Mereka berlomba-lomba menghadirkan smartphone dengan spesifikasi tinggi yang dibekali baterai mumpuni. Ingin lebih bombastis dibanding kompetitor, Evercoss membesut ponsel pintar dengan baterai berkapasitas 6200 mAh. Produk dengan tipe Evercoss Elevate Y2 Power ini diklaim merupakan smartphone pertama di Indonesia yang memiliki baterai sebesar ini.

Dalam menghadirkan ponsel ini, pihak Evercoss beralasan tidak semua smartphone dengan spesifikasi tinggi memiliki kapasitas baterai mumpuni. Tidak heran jika para pengguna smartphone android selalu menenteng powerbank kemana pun pergi. Evercoss melansir data yang diungkapkan lembaga riset konsumen GFK yang merilis hasil penelitiannya bahwa orang indonesia rata-rata menghabiskan 5,5 jam di depan smartphone. Berarti jika kapasitas baterai sekitar 1500 – 2000 mAh, pengguna smartphone akan mengisi ulang baterai setidaknya 2 kali dalam sehari karena hanya bertahan 2-3 jam jika digunakan secara teru menerus. Evercoss“Kapasitas baterai 6200 mAh menjadi selling point utama Evercoss Elevate Y2 Power. Dengan kapasitas sebesar itu, penggunaan normal mampu bertahan selama 4 hari. Smartphone ini pun bisa difungsikan sebagai powerbank dan sudah memiliki 4G LTE. Dengan membeli produk ini, konsumen langung mendapatkan kabel OTG USB, soft case dan anti gores” ujar Nina Ratna Wardhani, CMO Evercoss, saat peluncuran di Jakarta (20/7/2016).

Uji coba durabilitas baterai telah dilakukan oleh Sylvia, salah satu personel gamer profesional wanita NXA Ladies. Ia mencoba untuk menguji ketahanan baterai Elevate Y2 Power dengan memainkan beragam game resolusi tinggi.  “Daya tahan baterai sangat penting untuk gamers seperti saya, karena selalu memainkan game di smartphone. Elevate Y2 Power sangat menyenangkan bisa seharian full main game dengan sekali charge saja tanpa harus bolak balik mengisi daya baterai sepanjang hari,” ujar Sylvia.

Fakta pengujian yang dilakukan internal oleh Evercoss, dengan kapasitas baterai 6200 mAh bisa melakukan penggunaan normal selama 4 hari, seperti untuk chatting, browsing, music, memotret. Sedangkan penggunaan aktifitas berat seperti memainkan game dan video streaming bisa tahan sekitar dua hari (2×24 jam).
BACA: Jajaran Smartphone Baterai Besar di Indonesia

Spesifikasi Evercoss Elevate Y2 Power

evercoss-elevate-y2-powerPonsel ini memiliki kualitas layar yang cukup tajam berukuran 5,5 inchi IPS dengan resolusi 1280 x 720 pixel HD dengan berdimensi 2.5 D. Teknologi layar tidak diperkuat dengan Corning Gorilla Glass yang populer di smartphone papan atas, namun memamakai Dragontrail Glass 3 besutan Asahi Glass. Dragontrail 3 memiliki teknologi anti gores yang kuat, mampu menahan beban sampai dengan 60 kg dengan ketebalan kaca yang hanya 1 mm. Diklaim memiliki kekuatan 6 kali lebih tangguh dibandingkan layar ponsel yang tidak memakai pelindung. Layar juga juga memakai lapisan Oleophobic Coating agar permukaan kaca tidak mudah tertempel minyak atau kotoran dari jari.

Selanjutnya di sektor kamera, Evercoss membenamkan sensor Sony dengan resolusi besar, 13 MP untuk kamera belakang dan 8 MP untuk kamera depan. Dengan resolusi tersebut, smartphone ini siap digunakan untuk memotret obyek maupun selfie.

Kualitas gambar yang didapat terbilang memuaskan. Ditambah dengan berbagai macam fitur pendukung lainnya, seperti GPS location info, face beauty, color effect, scene mode dan anti-flicker.  Pengaturan pencahayaan dan kecerahan bisa menghasilkan obyek dengan kualitas gambar menawan. Untuk memotret suasana di malam hari, bisa mengaktifkan scene mode Night yang akan membantu menghasilkan gambar lebih baik. Dengan fitur pendukung tersebut pengguna bisa menghasilkan gambar lebih maksimal.

Untuk menjalankan beragam aplikasi, Evercoss Elevate Y2 Power disokong chipset MediaTek dengan prosesor QuadCore berkecepatan 1.3GHz serta RAM 2GB, ROM 16GB, dan sistem operasi Lollipop 5.1. Performa cukup baik untuk memainkan game 3D berkualitas HD sekalipun.

4G LTE Tanpa TDD

Sedangkan untuk konektivitas, Elevate Y2 Power sudah disokong dengan teknologi 4G LTE. Teknologi ini memungkinkan penggunanya bisa ngebut ketika melakukan browsing seiring dengan layanan operator yang sudah banyak meng-cover layanan tersebut. Namun sayangnya, dukungan layanan 4G LTE terbatas untuk operator yang memakai teknologi FDD (Frequency Division Duplex) saja. Teknologi ini dipakai oleh operator GSM yang menggelar LTE seperti Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Tri, dan sebagian Smartfren. Sedangkan untuk Bolt! Super 4G dan sebagian Smartfren memakai teknologi TDD (Time Division Duplex ) yang tidak mendukung ponsel ini.

Dengan kapasitas baterai yang besar, Evercoss Elevete Y2 Power diklaim tidak memerlukan waktu yang lama untuk mengisi daya baterai. Karena dilengkapi dengan teknologi Quick Charge yang pengisian baterai 5 menit saja sudah cukup untuk menggunakan 2 jam telepon.

Selain ketahanan baterai yang super besar, ponsel ini juga di-support dengan fitur pendukung lainnya, seperti Gesture Smart Access untuk melakukan akses cepat ke berbagai fungsi smartphone. Kemudian Smart Key Starter berupa tombol bulat pada tepi smartphones sebagai short cut untuk kamera dan voice recorder.

Harga Evercoss Elevate Y2 Power

Dengan spesifikasi dan performa mumpuni, Elevate Y2 Power dibanderol cukup terjangkau. Harganya adalah Rp. 2.350.000.- dengan bonus kartu perdana 4G LTE Telkomsel dan paket bundling TAU 4G LTE 10 GB yang dapat dibeli mulai dari Rp. 49.000.- Smartphone ini sudah bisa dinikmati oleh konsumen tanah air di seluruh pusat perbelanjaan handphone yang ada di Indonesia.

Khusus untuk penjualan di situs Lazada, smartphone dengan baterai super power ini bisa didapat dengan harga Rp. 2.000.000, hanya untuk 200 pembeli pertama. Program ini akan digelar dari tanggal 25 Juli – 6 Agustus 2016.