ArenaLTE.com – Dunia digital memang bisa dibilang telah jauh berkembang, namun peminat menjadi kreatornya terbilang masih jauh berkurang. Indosat Ooredoo dalam keterangan resminya mengungkapkan bahwa perlu adanya dorongan, terutama pada generadi muda untuk menciptakan aplikasi dalam memajukan perkembangan dunia digital Tanah Air. Dalam program IWIC(Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest) yang ke-10 ‘Go Global’, diharapkan perusahaan bisa memenuhi kebutuhan digital Indonesia yang sedang marak ini.

IWIC Go Global juga diharapkan bisa mengembangkan para talenta digital Indonesia, setara dengan pemain internasional melalui kompetisi penciptaan ide dan aplikasi. Dalam program ini juga dicanangkan tema #changetheworld, sebagai tagline untuk memacu semangat para kreator dalam menghadirkan banyak aplikasi untuk memudahkan aktivitas masyarakat.

“Melalui Iwic, Indosat Ooredoo ingin mengajak pemuda Indonesia dan pemuda di belahan dunia lain untuk menciptakan ide dan aplikasi, sehingga bisa membuat Indonesia dan dunia yang lebih baik lagi,” jelas Alexander Rusli, Presiden Direktur & CEO Indosat Ooredoo, di Jakarta.

Iwic yang diklaim telah berjalan dalam satu dekade ini, diklaim secara konsisten menghadirkan sebanyak 7.111 ide aplikasi mobile mobile yang inovatif. Kompetisi ini juga diungkapkan telah membuat banyak aplikasi atau beberapa karya anao bangsa, menjadi aplikasi komersial yang sangat berguna dan memudahkan masyarakat.

Melalui keberhasilan tersebut, IWIC Go Global diharapkan bisa memberikan dan menjadi petunjuk, bahwa Indonesia tidak hanya sebagai pengguna aplikasi namun juga bisa membuat aplikasi yang bersaing di kancah internasional.

4

Ada beragam kategori yang dibawa dalam Iwic ke-10 ini, salah satunya adalah special category for women & girls yang diungkapkan sesuai dengan tagline perusahaan dalam program women connected to mobile internet. Melalui program ini juga, para peserta bisa berpartisipasi untuk mengirimkan ide maupun aplikasi untuj membantu, serta memudahkan aktivitas perempuan di Indonesia baik dalam profesi maupun kesehariannya.

Selain itu ada juga Kids, Teens, University Student and Public, serta Developers Category yang dapat diikuti oleh peserta sesuai jenjang usia. Seluruh kategori akan berkompetisi untuk ide dan aplikasi di bidang Communications, Lifestyle, & Education; Multimedia & Games; Utility (tools, security, ideas/apps for disabled); tourism; dan Social Innovation.  Peserta dapat membuat ide dan aplikasi untuk diaplikasikan di sistem operasi Android, Apple, Symbian, Blackberry, dan Windows Phone.

Rangkaian program IWIC ke-10 antara lain roadshow ke kampus di Indonesia, gathering dengan  komunitas developer, Pesta Digital Anak Indonesia, Hackathon, dan Bootcamp menjelang Final IWIC.  Berbagai hadiah telah disiapkan diantaranya uang tunai, gadget terbaru, dan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa. Pada penyelenggaraan IWIC ke-10, Indosat Ooredoo bekerja sama dengan Kompas Gramedia, Tech in Asia, Dicoding, HarukaEdu, Cody’s App Academy dan Yayasan Cendikia Indosat.