ArenaLTE.com – Sesuai jadwal, Xiaomi akhirnya resmi meluncurkan Xiaomi Mi 4c di Tiongkok (22/9/2015). Smartphone yang hanya dipasarkan di Tiongkok ini mulai tersedia hari ini di situs Mi.com dan Tmall. Harga Xiaomi Mi 4c dipatok di kisaran 204 dolar AS.

Seperti info yang sudah beredar dalam beberapa kesempatan, Xiaomi Mi 4c mengusung chipset 64-bit Snapdragon 808 yang disuntik prosesor hexa core (dua  Cortex-A57 dan empat Cortex-A53). Sebuah langkah maju yang dilakukan Xiaomi karena akhirnya bisa move on dari prosesor sebelumnya. Sebelumnya, Mi4i misalnya hanya berbasis Snapdragon 615.

xiaomi-benchmarkXiaomi Mi 4c juga menanamkan GPU Adreno 418 bersama dengan RAM 2GB.3GB dan memori internal 16GB/32GB. GPU Adreno 418 ke atas yang dibenamkan dalam Xiaomi Mi 4c ini memiliki kemampuan lebih baik dari kompetitor di rentang harga yang sama.

Di sektor kamera, Xiaomi Mi 4c diperkuat kamera 13MP sebagai senjata utama mendukung phase detection autofocus (PDAF) dan kamera selfie 5MP. Kamera utamanya menggunakan sensor Sony IMX258. Hasilnya foto lebih baik dengan fokus lebih sempurna. Kamera selfienya mendukung ultra wide angle lens.

xiaomi-fotoXiaomi Mi 4c mengantongi baterai berkapasitas 3080 mAh, mendukung Quick Charge 2.0 serta  port USB Type-C yang memiliki desain terbalik. Tak hanya itu, smartphone ini juga sudah dilengkapi IR blaster yang diklaim bisa mengontrol 2000 perangkat berbeda termasuk DSLR kamera.

xiaomi-usb-type-cDi bagian perangkat lunak, Xiaomi membekali Mi 4c dengan fitur Edge Tap yang memungkinkan smartphone ini merespon pada ketukan kecil.  Perusahaan menjelaskannya seperti ini “Dua kali ketukan kecil di bagian sisi memungkinkan kita kembali tanpa harus mencari-cari tombol back. Dan satu ketukan kecil di sisi pada saat membuka kamera bisa memberi perintah untuk menjepret foto.”

Handset ini berjalan di atas MIUI 6 OS. Agak disayangkan karena Xiaomi sediri sudah berencana mengupgrade patform ini ke versi MIUI 7. Soal harga, versi 2GB/16GB dipatok sekitar 204 dolar AS. Sementara varian 3GB/32GB akan dipasarkan dengan harga jual sekitar 235 dolar AS. Meski diklaim dipasarkan di Tiongkok saja, namun tetap saja banyak konsumen di Tanah Air yang harap-harap cemas. Ya, mari kita berdoa bersama-sama, mudah-mudahan Xiaomi Mi 4c-nya masuk ke sini.