ArenaLTE.com – PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) terus aktif menggenjot implementasi layanan 4G LTE di kota-kota besar Tanah Air. Sebagai salah satu bukti kesiapan layanan, baru-baru ini mereka menggelar uji jaringan 4G LTE Smartfren sepanjang jalur utama serta di beberapa titik di JabodJakarta, Tangerang dan Bogor.

“Smartfren saat ini mempunyai jangkauan 4G LTE terluas di Indonesia. Layanan 4G LTE kami yang sudah disokong TDD (Time Division Duplex) yang berada di spektrum frekuensi 2300 Mhz sudah menembus sekitar 22 kota. Sementara layanan 4G LTE dengan teknologi FDD (Frequency Division Duplex) yang berada di spektrum frekuensi 50 Mhz mencakup hampir semua kota yang dicover Smartfren,” ujar Munir S.P., Head of Network Special Project Smartfren kepada ArenaLTE.com di Bogor (11/11/2015).
Baca juga: Wow! Kecepatan Internet dengan LTE Carrier Aggregation Smartfren Tembus 167 Mbps

Melalui pelaksanaan uji jaringan 4G LTE Smartfren di sepanjang jalur utama dan beberapa titik Jakarta, Tangerang dan Bogor, Smartfren menunjukkan bahwa kualitas layanan 4G LTE mereka cukup bisa diandalkan. Test drive dimulai dari Galeri Smartfren yang berlokasi di Sabang,  Jakarta Pusat, menuju kantor pusat Smartfren di BSD, Tangerang dan berakhir di Bogor.

Sepanjang perjalanan ArenaLTE.com menguji kecepatan jaringan Smartfren 4G LTE  dengan aplikasi Android, yaitu nPerf dan Ookla Speedtest. Keduanya bisa mengukur kecepatan download, upload dan latency atau ping time.

Screenshot_2015-11-12-07-05-04Screenshot_2015-11-12-07-06-19Dalam beberapa kali pengujian menggunakan Ookla Speddtest, kecepatan download rata-rata yang didapat menembus angka 11,68 Mbps sedangkan upload mencatatkan angka 2,5 Mbps. Sementara menggunakan nPerf, rata-rata kecepatan download rata-rata berada di kisaran 8,16 Mbps dan upload rata-rata sekitar 2,57 Mbps.

Nilai terendah untuk kecepatan download sepanjang perjalanan adalah 0,18 Mbps di sekitar tol TB Simatupang, Jakarta dimana kemungkinan layanan 4G LTE tidak terjangkau sehingga harus dialihkan ke 3G. Sementara nilai kecepatan download tertinggi menembus kecepatan 67,80 Mbps di tol dalam kota Jakarta menuju BSD, Tangerang.

Di sisi lain, pihak Smartfren pun melakukan pengujian mengggunakan drive test tools untuk membuktikan performa layanan 4G LTE mereka. Menurut Munir dalam presentasinya di penghujung tes drive, hasilnya cukup memuaskan dengan rata-rata kecepatan download 4G LTE yang bisa diperoleh ada di kisaran 8-20 Mbps.