Gempa Bumi Cianjur Rusak 2 Site Jaringan Telekomunikasi Smartfren

ArenaLTE.com - Bencana alam gempa bumi yang terjadi pada pada Siang tadi, hari Senin (21/11/2022) terungkap ada pada titik gempa di wilayah Jawa Barat, di daerah Kabupaten Cianjur. Akibat kejadian tersebut berdampak juga terhadap instalasi jaringan Penyedia layanan internet Smartfren. Pihak perusahaan mengakui bahwa ada beberapa site perusahaan yang mengalami kerusakan, namun tidak berpengaruh besar terhadap jaringan telekomunikasi ke pelanggan.

"Saat ini network Smartfren dalam kondisi yang aman, dan pelanggan tetap bisa berkomunikasi. Ada 1-2 site kami yang mati akibat terputusnya pasokan listrik, namun tidak mengalami kerusakan. Kondisi ini memerlukan penanganan yang cepat, dan Smartfren selalu memonitor serta langsung merespon segala kondisi yang terjadi di lapangan." Jelas Agus Rohmat, VP Network Operation Smartfren dalam keterangannya pada pesan singkat WhatsApp, Senin (21/11/2022).

Seperti diketahui, smartfren sendiri memiliki basis jaringan telekomunikasi yang cukup kuat di wilayah Jawa Barat. Perusahaan juga mencatat bahwa memiliki sebanyak 43.000 BTS 4G yang tersebar di 220 kita di seluruh Indonesia, inovasi yang tengah digencar perusahaan adalah layanan Voice-over-LT (VoLTE) dan SIM Digital (eSIM) di Indonesia. Sedangkan untuk daerah Cianjur sendiri diakuinya ada sebanyak 152 BTS yang beroperasi.

Pihak perusahaan juga menyebutkan bahwa baru-baru ini melakukan penguatan sinyal dan penambahan kapasitas jaringan Smartfren yang dilakukan di seluruh rute dilalui oleh delegasi, seperti Bandara Internasional Ngurah Rai dan tol menuju Nusa Dua, hingga ke semua venue lokasi pada pelaksanaan KTT G20.  Jaringan Smartfren sendiri telah tersedia di seluruh wilayah Bali, dan ditopang dengan sejumlah 1180 BTS. Tim khusus juga juga dikerahkan untuk memantau kualitas serta keandalan layanan telekomunikasi Smartfren selama 24 jam, di sepanjang konferensi. 

Seluruh persiapan ini memastikan delegasi dan masyarakat bisa mengakses layanan telekomunikasi dengan kecepatan tinggi dan latensi lebih rendah. Guna memastikan kelancaran layanan telekomunikasi, Smartfren juga menyediakan booth yang berlokasi Media Center G20 untuk membantu delegasi bila terdapat kesulitan akses telekomunikasi atau internet.

Leave a Comment