ArenaLTE.com – Komunikasi di dunia maya melalui media sosial memang kian interaktif. Bahkan diproyeksikan semakin ramai dengan adanya teknologi jaringan 4G LTE. Dampaknya, komunikasi voice atau menelepon semakin ditinggalkan. Padahal menurut petinggi operator seluler Tri, komunikasi voice lebih emosional dibanding chatting.

“Silahturahmi jangan sampai lupa untuk melakukan komunikasi suara kepada orang yang disayangi, call to love your friend, girlfriend, boyfriend, and your mam. Karena dengan komunikasi voice itu ada pendekatan yang lebih emosional, dibanding komunikasi chating,” kata Dolly Sentosa, Chief Sales & Marketing Officer Hutchison Tri (3) saat ditemui ArenaLTE beberapa waktu lalu.
Baca:Tri Siap Jalankan Mekanisme Registrasi Kartu Prabayar

Dolly menerangkan, saat ini kebanyakan pengguna menganggap bahwa jaringan Tri lebih fokus dipakai untuk layanan mobile internet atau data saja. Padahal bisa digunakan untuk komunikasi voice dan SMS. Namun sayangnya banyak dari pengguna melakukannya di hari-hari khusus saja, seperti lebaran dan hari raya lainnya.

“Tri memang bisa dibilang provider mobile data. Tapi jaringan kami juga tetap menghadirkan layanan komunikasi voice dan SMS. Jadi kami juga turut mendorong orang untuk melakukan komunikasi lewat telefon. Apalagi anak muda sekarang kurang terkoneksi secara emosional, jadi kami mengajak pengguna jangan lupa untuk menelfon orangtua,” jelasnya.

Dolly Santosa mengungkapkan hingga kuartal-1 2015, Tri (3) memiliki pelanggan sebanyak 54,8 juta subscriber. Dengan jumlah pelanggan 99 persennya adalah pelanggan prabayar dan sisanya adalah untuk pelanggan pascabayar. ”Pelanggan pascabayar memang paling kecil, namun pelanggan smartphone data ada di kisaran 50 hingga 60 persen,” tuturnya.

Operator juga mengklaim hingga saat ini terus melakukan update teknologi jaringan. Bahkan bekerja sama dengan operator lainnya juga turut dalam pengerjaan refarming di pita 1.800 MHz untuk teknologi jaringan 4G LTE. Tri yang mendapatkan band seluas 10MHZ, juga mengklaim sudah siapkan base tranceiver stadion (BTS) 4G sejak lama, kemungkinan bersama dengan operator lainnya pula akan menggelar serentak akses jaringan 4G LTE di Tanah Air.
Baca: Menkominfo: Refarming 1800 MHz untuk 4G LTE di Seluruh Indonesia Selesai November