ArenaLTE.com – Indonesia termasuk salah satu negara penonton YouTube terbesar di Asia Pasifik. penikmat video online di Indonesia pasti pernah mengalami frustrasi ketika video yang sedang dinikmatinya berhenti di tengah jalan. Ada kabar gembira bagi kalian pengguna Opera Mini Android. Kini dengan melakukan update Opera Mini Android dengan versi terbaru kita akan lebih jarang melihat melihat roda video-buffering yang menyebalkan ketika sedang menonton video secara online dengan hadirnya fitur Video Boost Opera Mini.

Penelitian dari Conviva di tahun 2015 mengatakan bahwa sekitar 75% penonton video akan menyerah dalam waktu 4 menit atau kurang jika video yang ditontonnya berkualitas buruk. Penelitian lain yang dilakukan oleh Interactive Advertising Bureau juga menginformasikan bahwa buffering dan kecepatan adalah di antara tiga faktor terpenting bagi para penonton video di gawai telepon pintar.

Buffering yang lama membuat waktu terbuang sia-sia. Data plan seperti begitu cepat habis ketika menonton video lewat smartphone atau tablet. Belum lagi jaringan yang tidak stabil menyebabkan video yang ditonton menjadi buruk kualitasnya. Dengan fitur Video Boost Opera Mini dan tersedia secara gratis di Google Play kita bisa menikmati pengalaman menonton video online yang lebih mulus. Fitur ini juga membantu hampir 120 juta pengguna Opera Mini di Android (basis pengguna Opera yang paling besar) menghemat data plan mereka.

video boost opera miniNuno Sitima, SVP, Head of Mobile Browsers di Opera mengungkapkan bahwa fitur Video Boost Opera Mini akan sangat membantu bagi mereka yang memiliki jaringan mobile atau data plan yang terbatas. Fitur Video Boost Opera Mini ini juga dapat mengurangi besaran data video, waktu loading, juga penundaan waktu karena buffering.

Di Indonesia, Opera sendiri telah turut ambil bagian di tengah semakin banyaknya para penikmat video online. Februari lalu, bersama produser dan sutradara kenamaan Salman Aristo, Opera meluncurkan sebuah film pendek tentang pasangan muda-mudi millenial (Okta dan Olivia) yang berupaya saling mengenal di era serba-cepat dan padat teknologi seperti sekarang ini dengan judul ‘Arah Kisah Kita’. Film pendek ini juga melibatkan lima YouTubers Indonesia populer: Sarab TV, Dikidi Channel, Cameo Project, GPS (Gak Penting Sih) dan Susah Tidur untuk membuat akhir cerita yang berbeda-beda.

Cara menggunakan Video Boost Opera Mini

Di bawah menu “O” di Opera Mini 15, pilih ‘savings summary’ dan ganti dengan high-savings mode. Di bagian bawah, centang kotak pilihan di samping ‘video boost’ untuk pengalaman menonton video yang lebih mulus. Fitur video boost juga menunjukkan perhitungan agar pengguna bisa melihat berapa banyak video yang sudah dioptimalkan.

video boost opera miniFitur Update Opera Mini :

Versi terbaru Opera Mini untuk Android menghadirkan fitur-fitur untuk menambah kecepatan, penghematan, dan efisiensi:

  • Di high-savings mode, Opera Mini akan mematikan kompresi data secara otomatis ketika mendeteksi Wi-Fi, sehingga bisa memanfaatkan koneksi internet berkualitas tinggi secara optimal. Jika jaringan Wi-Fi padat? Tinggal aktifkan kembali data savings di menu savings summary.
  • Opera Mini juga memungkinkan pengguna mengubah ukuran gambar di peramban sebelum mengunggahnya ke web. Mengubah ukuran gambar, misalnya dari 2240×1680 ke 800×600 pixels dapat mengurangi besarnya ukuran file, sehingga pengguna bisa menghemat data dan mengunggahnya dengan lebih cepat jika jaringan Internet sedang buruk.
  • Dengan fitur thumbscroller, geser ke bawah untuk menampilkan side scroll bar di layar, agar navigasi lebih mudah ketika pengguna membaca artikel dan halaman web yang panjang.