ArenaLTE.com – Setelah menggelar 4G LTE di 22 kota besar Indonesia, Smartfren menargetkan 1,5 juta pelanggan yang menggunakan teknologi jaringan tersebut. Salah satu strateginya, Smartfren menggandeng LG untuk menghadirkan ponsel pendukung jaringannya.

Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh Sukaca Purwokoardjono,  ‎Division Head Smartphone Business PT Smartfren Telecom, Senin (14/9/2015). ”Smartfren menggandeng LG bukan sebagai pengganti Andromax, melainkan hanya untuk supplier produk saja,” jelasnya kepada ArenaLTE.com saat dikonfirmasi melalui pesan Whatsapp.

Ini senada dengan yang diucapkan oleh Roberto Saputra, Direktur Smartfren, saat test drive jaringan 4G LTE Cirebon-Bandung. Dia mengungkapkan bahwa memang perusahaan akan melakukan kerjasama oleh tiga vendor global lainnya. Itu dilakukan untuk membuka banyak pilihan kepada pengguna, terutama untuk ponsel kelas atas di segmen harga di atas Rp2 jutaan.

Namun sayangnya, belum dijelaskan lebih lanjut perihal dua vendor global lainnya yang akan digandeng oleh perusahaan. Meski diyakini bahwa dua perusahaan lainnya akan difokuskan untuk produk yang akan dikategorikan untuk kelas premium.

Teknologi jaringan generasi keempat 4G LTE yang dimiliki Smartfren sendiri, adalah berada pada pita frekuensi 850MHz untuk teknologi TDD dan pita frekuensi 2,3GHz untuk teknologi FDD. Perusahaan juga mengklaim bahwa dalam adopsi jaringan ini, bukan untuk sekedar menguatkan pada sektor kecepatan saja namun juga pada kestabilan akses internet kepada pengguna.

“Jika hanya standar pada kecepatan saja, tentu yang diberikan oleh Smartfren dari 2 hingga 10Mbps sudah lebih dari cukup untuk mengakomodasi kebutuhan internet pengguna. Namun, hal tersebut bergantung pada kestabilan juga, karena teknologi ini akan berkembang terus manfaatnya,” jelas Roberto melanjutkan.

Saat ini, pihak perusahaan juga mengungkapkan telah melakukan sistem open Market dengan bekerja sama oleh produsen ponsel Hisense. Perusahaan mengungkapkan bahwa produk yang dikeluarkan oleh Hisense seperti seri Pureshot dan Pureshot Plus adalah pilihan pengguna untuk mencoba 4G LTE Smartfren, namun tetap bisa gunakan operator basis GSM lainnya.