ArenaLTE.com – Bulan lalu Apple mengumumkan platform yang CareKit baru untuk membantu pengembang (developer) membangun aplikasi kesehatan iPhone yang lebih berguna. Sekarang akhirnya resmi diluncurkan dengan menghadirkan bersamaan dengan aplikasi pertama yang didesain khusus untuk bisa digunakan dengan platform CareKit tersebut.

Ide di balik CareKit ini yaitu memberikan kemudahan bagi para pengembang untuk membangun aplikasi kesehatan iPhone terbaru untuk memudahkan pasien mengumpulkan berbagai informasi data tentang kesehatan mereka, daftar gejala yang sering terjadi dan bertukar informasi penting lainnya dengan petudag medis dan perawat.

Bulan lalu, Apple Jeff Williams menekankan bahwa dengan aplikasi ini pengguna akan memiliki kendali lebih banyak terhadap semua data yang masuk. Tiga perusahaan telah meluncurkan aplikasi baru hari ini yang sudah memanfaatkan CareKit. Start akan membantu orang dengan depresi untuk berbagi negara mereka pikiran dengan dokter menggunakan tes kesehatan mental standar. OneDrop membantu pasien diabetes untuk log gejala dan berbagi data dengan dokter. Dan Cahaya telah memperbarui Cahaya Nurture dan Cahaya Bayi-.

Ada tiga perusahaan yang telah meluncurkan aplikasi baru ini dan memanfaatkan platform CareKit. Yang pertama yaitu Start yang akan membantu penderita depresi untuk berbagi apa yang menjadi beban pikiran mereka dengan dokter menggunakan snatdarisasi tes kesehatan mental.

aplikasi kesehatan iPhoneSelain itu ada juga OneDrop yang dapat membantu penderita diabetes untuk dapat dengan segera mendeteksi gejala yang muncul dan berbagi data dengan dokter. Dan terakhir yaitu perusahaan Glow yang telah mengupdate aplikasi terbaur mereka Glow Nurture dan Glow Baby yang akan membantu mengelola kehamilan mereka dan memelihara bayi yang baru lahir. Sehingga pengguna aplikasi ini bisa menyiapkan dokter, bidan dan keluarga yang sesuai dengan update terbaru.

Ini merupakan langkah awal, jadi dalam bebreapa bulan kedepan akan lebih banyak lagi aplikasi kesehatan baru yang akan muncul. Mulai dari aplikasi yang mampu menilai gejala penyakit Parkinson hingga aplikasi yang mampu menyediakn jadwal perawatan pasca operasi. Dan hingga hari ini, CareKit software framework sudah tersedia secara gratis untuk diunduh.

Apple sejak lama berusaha untuk memecahkan masalah perawatan kesehatan ini selama bertahun-tahun dengan skema seperti HealthKit. Dengan CareKit ini proses pembangunan software itu sendiri diserahkan sepenuhnya pada pembuat aplikasi dan pelaku profesional kesehatan. Semoga aplikasi yang dikembangkan juga dilengkapi dengan enkripsi yang mampu memberikan keamanan ekstra dan melindungi data pribadi yang sensitif.