ArenaLTE.com – Kondisi geografis dan luas wilayah suatu negara tentu akan sangat berpengaruh pada kemampuan operator seluler untuk bisa menggelar jaringannya secara optimal. Indonesia dengan kontur geografis dinamis yang terdiri dari pulau-pulau, pastinya punya tantangan tersendiri untuk menyajikan cakupan dan kapasitas jaringan. Sebaliknya negara seperti Belanda dengan kontur geografis yang landai, plus luas wilayah yang tak lebih besar dari Propinsi Jawa Timur, membawa kemudahan untuk implementasi dan penggelaran jaringan seluler dan teknologi wireless lainnya seperti Internet Of Things (IoT).

Dan seperti dikutip dari situs Gizmag, KPN, operator telekomunikasi plat merah Belanda, minggu lalu dikabarkan telah meluncurkan jaringan dengan cakupan nasional untuk kebutuhan Internet of Things (IoT). Disebutkan bahwa jaringan IoT dari KPN sudah hadir seluruh wilayah dan mampu menghubungkan dengan jutaan perangkat. Langkah KPN ini menjadi pukulan telak bagi SK Telecom, operator asal Korea Selatan yang mengklaim sudah meluncurkan jaringan yang sama, namun belum operasional.

Untuk bisa menggelar Internet Of Things (IoT) bercakupan nasional, KPN melengkapi ratusan menara BTS (Base Transciver Station) seluler dengan LoRa (Long Range) gateway dan antena guna membuat jaringan publik baru untuk kebutuhan perangkat IoT. Proyek penggarapan pertama ternyata sudah dimulai, tepatnya pada November 2015, tahap pertama proyek ini sudah dimulai dari kota Rotterdam dan Den Haag.

“Tahun lalu kami mengidentifikasi peningkatan permintaan untuk teknologi jaringan rendah daya untuk aplikasi Internet of Things (IoT). Guna mengantisipasi hal tersebut kami memutuskan menggunakan LoRa, sehingga jutaan perangat dapat terhubung ke internet dengan cara yang efektif dan hemat biaya. Dalam waktu kurang dari satu tahun KPN berencana untuk menuntaskan  seluruh permintaan pasar IoT di Belanda,” ujar Joost Farwerck, Chief Operational Officer KPN.

Sampai saat ini KPN telah memiliki kontrak koneksi ke 1,5 juta perangkat yang akan dilayani dengan jaringan LoRa. Implementasi nyata dari LoRa untuk Internet Of Things (IoT) seperti diterapkan pada bagian penanganan bagasi di Bandara Schiphol, alarm bunyi kedalaman di pelabuhan Rotterdam, dan pengaturan lansiran kereta api di Central Station Utrecht, semuanya sudah menggunakan teknologi berbasis IoT dari KPN.