ArenaLTE.com – Untuk mengembangkan dan memperluas cakupan jaringan TDD-LTE FDD di wilayah Indonesia bagian Barat, Smartfren menggandeng vendor Nokia Networks. Dengan menggunakan teknologi Smartfren 4G LTE Advance dari Nokia Network ini, operator dianggap akan memperoleh keuntungan dari teknologi telco cloud dengan virtualized EPC (Evolved Packet Core) di masa yang akan datang.

Christian Daigneault, CTO Smartfren dalam keterangan tertulisnya mengungkapkan bahwa dengan dukungan dari Nokia, Smartfren 4G LTE Advance menyebarkan teknologi yang paling canggih. Operator CDMA yang move-on ke layanan LTE ini menggunakan jaringan hybrid TDD / FDD untuk mencapai kecepatan tertinggi dengan TDD pada 2300 MHz dan cakupan terluas dan lebih baik penetrasi dalam gedung dengan FDD di 850 MHz.
Baca Juga: Koneksi Jaringan 4G LTE Smartfren di Jawa Barat

Kerjasama ini menandai sebuah langkah penting dalam membangun infrastruktur komunikasi yang siap mendukung teknologi masa depan di Indonesia. Strategi jaringan yang dilakukan Smartfren juga menempatkan posisinya setara dengan operator maju lainnya di dunia.

Dengan jaringan baru ini, pelanggan Smartfren sudah dapat menikmati berbagai layanan data-intensif yang membutuhkan akses internet cepat seperti streaming multimedia, game online, cloud storage dan video conferencing.

Smartfren 4G LTE AdvanceNokia Networks dikontrak oleh Smartfren untuk mengembangkan jaringan Smartfren 4G LTE Advance di 11 kota di seluruh Indonesia Barat, termasuk ibukota Jakarta. Mereka akan memaksimalkan kedua frekuensi spektrum kanal TDD dan FDD milik Smartfren.

Tidak hanya untuk coverage yang luas, Nokia Networks juga mengembangkan solusi small cell Flexi Network Server (NS) yang fleksibel untuk mengcover cakupan wilayah yang lebih kecil khususnya di dalam ruangan.
Baca Juga: Apa Perbedaan Smartfren 4G LTE Advance Dengan LTE Biasa?

Seperti yang diungkapkan Dharmesh Malhotra, Dharmesh Malhotra, Head of Nokia Networks Indonesia bahwa investasi jaringan Smartfren LTE Advanced dengan kemampuan broadband dan broadcast menandai tonggak penting dalam industri telekomunikasi di Indonesia. Operator juga mengambil langkah penting untuk menerapkan teknologi telco cloud dengan virtualized EPC (Evolved Packet Core).

Dengan pengalaman yang dimiliki pada jaringan inti, radio dan service, Nokia menganggap itu sebagai andalan utama suksesnya implementasi jaringan Smartfren 4G LTE Advance ini. Dan pada tahap berikutnya, Nokia Networks akan mengerahkan EPC virtual untuk meningkatkan fleksibilitas dan kelincahan dalam jaringan Smartfren 4G LTE Advance.
Baca juga: Inilah Perbedaan LTE biasa dengan LTE Advance

Investasi skala besar teknologi terbaru Smartfren 4G LTE Advance ini membuka pintu untuk model bisnis baru, memberikan kontribusi terhadap pembangunan ekonomi negara dan menciptakan pengembangan kompetensi baru dan kesempatan kerja bagi masyarakat Indonesia.

Comments