ArenaLTE.com – Internet dunia terus tumbuh dengan terjadi penambahan 12 juta jumlah domain baru di seluruh dunia hanya dalam kuartal pertama tahun 2016. Dengan demikian, total nama domain yang terdaftar mencapai 326,4 juta dari seluruh domain tingkat atas atau top-level domains (TLDs) per 31 Maret 2016 berdasarkan data dari Ikhtisar Industri Nama Domain atau Domain Name Industry Brief (DNIB).

Informasi ini terungkap dari hasil pemantauan VeriSign, salah satu perusahaan domain dan keamanan internet global. Peningkatan sekitar 12 juta nama domain secara global tersebut menandai pertumbuhan sebesar 3,8 persen dibandingkan kuartal keempat pada tahun 2015. Jumlah registrasi domain secara global telah tumbuh sebanyak 32,4 juta atau 11 persen dari tahun ke tahun.

Domain tingkat atas atau TLD yang menggunakan .com dan .net mengalami pertumbuhan secara agregat pada kuartal pertama di tahun 2016, dimana jumlah keduanya mencapai sekitar 142,5 juta domain. Jumlah ini menandakan pertumbuhan sebesar 7,1 persen dari tahun ke tahun. Hingga 31 Maret 2016, jumlah nama domain berbasis .com telah mencapai 126,6 juta nama sedangkan jumlah domain .net mencapai 15,9 juta nama.

Pada kuartal pertama, Verisign sendiri telah memproses 10 juta pendaftaran nama domain baru untuk .com dan .net, dimana jumlah ini meningkat jika dibandingkan dengan 8,7 juta nama domain yang terdaftar untuk periode yang sama pada tahun 2015.

nama domain dunia internet 2016Selama kuartal pertama tahun 2016, rata-rata permintaan harian Sistem Nama Domain atau  Domain Name System (DNS) Verisign mencapai sekitar 124 milliar permintaan di seluruh TLD yang dioperasikan oleh Verisign, dengan angka tertinggi hampir mencapai 189 milliar.

Dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, rata-rata permintaan harian meningkat 0,5 persen dan peningkatan paling tinggi mencapai 2,7 persen. Setiap tahunnya, rata-rata permintaan harian meningkat 3,5 persen dengan angka peningkatan tertinggi sebesar 14,2 persen.

Selain domain, Verisign juga menyediakan perlindungan bagi situs Internet dan perusahaan dengan menjamin keamanan, stabilitas, dan ketahanan infrastruktur dan layanan utama internet, termasuk domain .com and .net, dua root servers Internet, serta melakukan fungsi pengelolaan terhadap root-zone untuk komponen inti Sistem Nama Domain (DNS) internet.