ArenaLTE.com – Diluncurkan secara komersial sejak setahun yang lalu, kini cakupan layanan 4G LTE Smartfren telah dapat dinikmati hingga lebih dari 188 kota besar di Indonesia. Meskipun demikian masih butuh perjuangan yang berat bagi Smartfren untuk mengajak para pelanggannya yang masih memanfaatkan jaringan CDMA untuk bermigrasi ke jaringan 4G LTE Smartfren.

Berbagai cara dilakukan untuk mengajak pelanggan lama hijrah ke 4G LTE smartfren salah satunya dengan peningkatan layanan dari sisi jairngan. Pengembangan jaringan dan layanan 4G LTE Smartfren ini diharapkan mampu memberikan kemudahan berkomunikasi dengan jaringan 4G LTE Advanced yang cepat dan stabil.

Hal ini diungkapkan Presiden Direktur PT Smartfren Telecom, Merza Fachys yang menyatakan bahwa proses pengembangan jaringan dan layanan 4G LTE kepada pelanggan sudah mulai dilakukan semenjak bulan Agustus 2015 yang lalu, hingga saat ini di beberapa kota yang berada di pulau Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi, Bali, dan NTB sudah mengoperasikan 4G LTE secara penuh di jaringan 4G LTE Smartfren. “Sementara di pulau Jawa proses penyelarasan layanan 4G LTE dan CDMA akan tuntas akhir September 2016,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Derrick Surya, VP Brand and Marcomm Smartfren yang mengungkapkan jika awal tahun 2016 lalu baru sekitar 10% dari pelanggan Smartfren atau sekitar 1,3 juta pelanggan yang migrasi ke jaringan 4G LTE. Kini memasuki semester pertama tahun 2016 sudah ada sekitar 10 juta pelanggan CDMA atau sekitar 40 persen pelanggan yang sudah melakukan migrasi ke 4G. Diharapkan para akhir tahun 2016 proses migrasi akan dapat rampung sepenuhnya.

Galeri Smartfren 4G LTESelain peningkatan layanan dari sisi jaringan, untuk menarik pelanggan lama  berpindah ke jaringan 4G LTE Smartfren juga dilakukan dengan berbagai penawaran dan promo menarik termasuk penggantian smartphone 4G LTE dengan harga yang terjangkau.

Mulai dari seri Andromax MiFi, seri Andromax smartphone, hingga menghadirkan beragam program bundling untuk menikmati 4G TE Smartfren menggunakan smartphone 4G LTE merek lainnya seperti Samsung, Lenovo, Hisense dan Evercoss. Tentunya, yang sudah  dapat mendukung jaringan 4G LTE Band 5 (850MhZ) dan Band 40 (2,300MhZ).

Tidak hanya untuk koneksi internet yang cepat saja, Smartfren juga menyediakan layanan VoLTE, yaitu sebuah layanan komunikasi baru berbasis data yang mengandalkan teknologi dari Jaringan Smartfren 4G LTE melalui IMS (IP Multimedia Subsystem) yang memiliki jalur khusus (dedicated bearer), sehingga menjadikan kualitas video call stabil dan suara telepon berkualitas High – Definition, dengan background noise yang sangat kecil.

Smartfren terus mendorong terjadinya proses migrasi ini, sekaligus sebagai langkah nyata guna mempercepat penyerapan teknologi 4G LTE di Indonesia. Diharapkan dengan percepatan penetrasi 4G LTE di Indonesia dapat meningkatkan perkembangan pemanfaatan teknogi digital yang akan memacu pertumbuhan ekonomi kreatif sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia di masa depan.