ArenaLTE.com – Memasuki era transformasi jaringan ke layanan 4G LTE, para operator di tanah air membutuhkan teknologi jaringan yang lebih hemat energi dan biaya yang efisien. Ericsson salah satu vendor jaringan terbesar di dunia, mengumumkan kerjasama dengan tiga operator besar di Indonesia untuk membangun jaringan 4G LTE Ericsson di beberapa wilayah Tanah Air.

Thomas Jul, Head Of Ericsson Indonesia and Timor Leste ketika mengumumkan kerjasama ini kepada ArenaLTE.com di Restoran Marche, Plasa Senayan, Jakarta (03/11/2015) mengungkapkan kegembiraannya. Karena kepercayaan yang diberikan kepada Ericsson oleh tiga operator besar di Indonesia untuk membangun jaringan 4G LTE di beberapa wilayah Indonesia. Teknologi 4G LTE Ericsson yang dihadirkan akan memastikan pengguna smartphone di Indonesia dapat menikmati layanan dengan baik.

Thomas Jul juga menambahkan bahwa kerjasama ini melanjutkan hubungan kerjasama yang sudah terjalin baik sebelumnya dengan operator di Indonesia. Hadirnya jaringan 4G LTE dari Ericsson ini memungkinkan operator untuk menghadirkan pengalaman mobile broadband yang unik bagi semua masyarakat di Indonesia sehingga bisa membentuk dan mempercepat implementasi Networked Society di Indonesia. Ketiga operator besar di Indonesia yang sedang menjalin kerjasama dengan Ericsson dalam menyebarkan jaringan 4G LTE ke beberapa wilayah Tanah Air, antaralain yaitu Indosat, XL Axiata dan Telkomsel.

ericsson 4G LTE rbs6000 family
Ericsson RBS6000 Family

Kerjasama 4G LTE Ericsson dan Indosat

Indosat dan Ericsson menjalin kerjasama 3 tahun untuk membangun dan mengembangkan layanan jaringan 4G/LTE di wilayah Jakarta. Kerjasama ini mencakup pengembangan teknologi jaringan 2G, 3G dan juga 4G LTE Single Radio Access Network termasuk implementasi layanan dan optimaslisasi performa jaringan. Perangkat yang akan disediakan oleh Ericsson terdiri dari base station Ericsson RBS 6000 yang memiliki keunggulan dalam efisiensi energi dan biaya operasional yang lebih efektif.

Menurut keterangan resmi Ericsson, CEO dan President Director Indosat, Alexander Rusli mengungkapkan bahwa teknologi 4G LTE ini akan menghadirkan kecepatan akses yang tinggi, aplikasi yang lebih responsif, efisiensi yang lebih besar dan tentu saja koneksi yang lebih stabil. “Upgrade jaringan ini akan membantu pelanggan Indosat untuk menikmati pengalaman superior menggunakan jaringan 4G LTE, sekaligus memenuhi tingginya kebutuhan masyarakat akan jaringan data”, tegasnya.

Kerjasama 4G LTE Ericsson dan XL Axiata

Kerjasama selama 3 tahun juga dilakukan Ericsson dengan XL Axiata untuk melakukam implementasi jaringan 4G LTE dan peningkatan jaringan 2G dan 3G di Jakarta dan Jawa Tengah. Perjanjian tersebut meliputi kerjasama hardware, software dan layanan jaringan 4G LTE untuk pelanggan XL Axiata di Indonesia. Dian Siswarini, Presiden Direktur dan CEO XL Axiata melalui keterangan tertulisnya mengungkapkan bahwa kerjasama dengan Ericsson ini untuk membawa teknologi generasi terbaru 4G LTE di Indonesia, sehingga pelanggan XL Axiata dapat menikmati pengalaman mobile broadband yang lebih baik.

Kerjasama 4G LTE Ericsson dan Telkomsel

Berbeda dengan Indosat dan XL Axiata, Telkomsel sebagai operator terbesar di Indonesia menunjuk Ericsson untuk melakukan transformasi jaringan secara penuh di Wilayah Kalimantan Indonesia. Upgrade yang dilakukan yaitu memastikan bahwa jaringan Telkomsel dilengkapi dengan multi-standard radio based station untuk WCDMA/HSPA (3G) juga mempersiapkan implementasi jaringan 4G LTE. Proyek transformasi ini terdiri dari 4500 elemen jaringan, termasuk pengenalana RBS 6320 Ericsson, sebuah produk dengan biaya yang rendah, produk remote enclosure utama, yang diciptakan untuk iklim tropis.

Ericsson sendiri termasuk vendor jaringan teratas untuk pasar 4G LTE global dan hampir 40% jaringan mobile di dunia menggunakan jaringan Ericsson. Hadir di 180 negara dan pasar 4G LTE dunia termasuk Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan, Ericsson berhasil menghubungkan lebih dari 2,5 miliar pelanggan. Ericsson juga telah menghadirkan 220 LTE RAN dan jaringan Packet Core yang berevolusi telah dihadirkan ke seluruh dunia, dimana 170 diantaranya hadir secara komersial.