ArenaLTE.com – Salah satu fitur ungulan Snapchat adalah Stories. Fitur ini merupakan kompilasi dari Snaps baik foto maupun video yang menciptakan narasi, muncul dalam urutan kronologis dari awal, tengah, dan akhir. Terinspirasi dari kesuksesan Snapchat, rupanya Instagram mengembangkan fitur serupa. Aplikasi photo sharing tersebut meluncurkan fitur baru Instagram Stories untuk berbagai cerita dengan cara baru.

Sebagian besar netizen memberikan reaksi positif terhadap kehadiran fitur baru tersebut. Bahkan ada yang menganggap fitur ini bisa menggerus Snapchat yang populer di kalangan remaja.

Melalui fitur ini, pengguna tidak perlu khawatir follower jengah karena posting yang berlebihan dengan momen yang sama. Fitur ini dapat dimanfaatkan pengguna untuk membagikan foto dan video yang ada. Instagram Stories ditampilkan dalam format slideshow layaknya sebuah fitur share momen dalam aplikasi Snapchat. Pengguna dapat berbagi cerita sebanyak-banyaknya dengan kreativitas yang bisa disesuaikan keinginan.

Yang menarik, pengguna bisa menghidupkan cerita gambar tersebut, dengan penambahan kreasi yang menarik seperti penambahakan text maupun drawing tools. Dari fitur berbagi ini, pengguna lain yang mengikuti Anda akan juga bisa menikmati hasil editing Stories tersebut yang akan muncul langsung dalam feed mereka, bahkan hingga akun populer yang Anda ikuti.

instagram-stories

Namun sayangnya, foto dan video yang dikreasikan dalam Stories tersebut akan hilang setelah 24 jam dan tidak akan muncul di profil ataupun lini masa pengguna lagi setelahnya. Demikian pula sebaliknya, Anda akan melihat cerita-cerita dari orang yang diikuti pada bar di atas feed dari teman dekat hingga akun popular kesukaan Anda.

Saat ada sesuatu yang baru untuk dilihat, foto profil mereka akan dikelilingi lingkaran warna. Untuk melihat cerita seseorang, cukup tap foto profil mereka. Pengguna akan sangat mudah untuk melihat cerita sesuai dengan cara kreasi mereka sendiri.

Caranya pun cukup melakukan tap untuk kembali ataupun swipe untuk melihat cerita dari orang lain jika ingin lebih banyak melihat. Dan untuk menanggapi cerita atau komentar tentang apa yang dilihat, pengguna dapat melakukan tap dan mengirim pesan personal ke orang tersebut melalui Instagram Direct.1. Instagram Stories - Creating-2

Tidak seperti postingan pada umumnya, tidak ada likes ataupun komentar publik. Stories yang dibuat akan mengikuti pengaturan privasi akun sendiri. Jika Anda membuat akun lebih privasi, Stories ini tentunya hanya dapat dilihat oleh followers atau orang yang mengikuti. Namun demikian, Anda juga dapat dengan mudah menyembunyikan seluruh cerita dari siapapun yang tidak diinginkan, walaupun mereka mengikuti Anda.

Saat menonton cerita Anda sendiri, geser ke atas untuk mengetahui siapa saja yang telah melihat foto dan video tersebut. Pengguna juga dapat memilih untuk menambahkan sebagian dari cerita dengan mem-posting-nya di profil.

Fitur Instagram Stories dapat diakses secara global dalam beberapa minggu ke depan oleh pengguna smartphone berbasis iOS dan Android. Update yang dikirim ke pengguna akan dilakukan secara bertahap.