Ini Dia Tren konten 2024 Dan Beragam Fitur Meta Terbaru

ArenaLTE.com - Di akhir tahun 2023 ini, Meta menyoroti tren kreasi konten 2024. Selain itu, terdapat juga rangkuman dari serangkaian pembaruan fitur untuk mendukung visibilitas dan terjalinnya koneksi yang lebih baik antara kreator dengan audiens mereka. 
 
Revie Sylviana, Direktur Kemitraan Global untuk Meta di Asia Tenggara mengungkapkan bahwa Meta telah menjadi rumah bagi para kreator muda, terutama Gen Z. Hal ini sejalan dengan hasil survei yang dilakukan Meta dan Bain&Co yang menyebutkan, bahwa seperempat populasi Asia Pasifik akan didominasi Gen Z di tahun 2025.
 
“Oleh karena itu, kita akan melihat peningkatan popularitas video pendek dan perpesanan bisnis. Sepanjang tahun 2023 ini pun, Meta memperkenalkan beragam pembaruan fitur untuk Facebook, Instagram, dan Threads untuk mendukung kreator Indonesia agar dapat terus berkreasi serta terhubung dengan hal, komunitas, dan orang yang penting bagi mereka,” ujarnya. 

Tren Konten Instagram 2024

1. Fashion dan kecantikan 
Gen Z di berbagai negara peduli terhadap fashion berkelanjutan. Mereka akan lebih sedikit membeli pakaian baru, lebih sering mengenakan pakaian yang sudah pernah dikenakan, dan membeli merk lokal. Hampir sepertiga (⅓) di antaranya mengatakan, bahwa mereka ingin menjadi lebih kreatif dalam berpakaian, diikuti dengan menemukan parfum khas dan core aesthetics mereka sendiri.

2. Media sosial
Gen Z akan  memprioritaskan koneksi penuh makna dengan menggunakan media sosial untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga. Tiga cara populer yang mereka lakukan di Instagram untuk lebih dekat dengan seseorang: memberi like pada Story dan postingan Feed hingga mengirimkan Reel atau meme melalui DM.

3. Kencan dan pertemanan
Setelah bertemu kenalan baru, 28% Gen Z berani mengambil langkah awal untuk bertukar akun Instagram dibadingkan nomor telepon. Beberapa cara mereka membuka pembicaraan dengan orang yang mereka sukai adalah dengan memberi like pada Story, men-tag teman di Story atau photo dump,  serta menambahkan seseorang ke daftar Teman Dekatnya.



4. Gaya hidup
Tahun 2024 akan menjadi era pengembangan diri bagi Gen Z, di mana banyak dari mereka ingin menjadi lebih baik untuk tahun depan. Secara global, 1 dari 3 di antara mereka mengatakan, bahwa cara terbaik mencapai kekayaan adalah dengan self-employment atau menjadi pekerja yang mandiri.

5. Makanan
Gen Z di berbagai negara tertarik untuk mencoba makanan yang sedang populer, seperti produk-produk vegan atau berbasis tumbuhan.

6. Hiburan dan selebriti
Fandom menjadi populer di antara Gen Z, dengan 75% di antara mereka tergabung di dalamnya. Fandom terkait acara TV/anime, musik, dan game adalah beberapa fandom populer di kalangan Gen Z. Mayoritas Gen Z mengaku, bahwa mereka telah mengirimkan DM ke selebriti favorit di Instagram.

7. Aktivisme
Tahun 2024 akan menjadi tahun di mana Gen Z peduli terhadap topik-topik sosial. Mereka akan mengedukasi diri sendiri/orang lain, menggunakan hak pilihnya, dan memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan awareness seputar topik yang penting bagi mereka.

Berani berkreasi dan berekspresi dengan  tambahan fitur kreatif META

1. Filter foto Feed baru untuk postingan yang lebih hidup
Menanggapi tanggapan dari kreator dan komitmen untuk memperkaya konten visual, Meta meluncurkan 20 filter foto terbaru untuk postingan Feed dan Carousel. Filter-filter baru ini memungkinkan kreator mengekspresikan diri dengan visual yang lebih merepresentasikan gaya personal mereka.



2. Pembaruan pengeditan pada Reels untuk kreasi konten 
Kreator kini dapat menikmati sejumlah pembaruan alat pengeditan di Reels. Pengenalan font baru memberikan opsi yang lebih baik untuk personalisasi konten. Mengedit klip individu juga menjadi lebih fleksibel dengan kemampuan memperbesar, memotong, dan memutar, bersama dengan fitur undo dan redo. Filter text-to-speech yang baru pun menambah sentuhan inovasi pada narasi audio, yang dapat meningkatkan potensi bercerita di Reels.

3. Stiker untuk Reels dan Stories
Kreator kini dapat menambahkan sentuhan unik pada Reels dan Stories dengan menambahkan stiker yang dapat mereka personalisasikan dari foto apapun.

4. Pembaruan audio untuk pengalaman Reels yang lebih imersif
Kreator dapat menyisipkan klip dengan audio dari film/acara televisi ke dalam Reels. Fitur ini menyediakan berbagai pilihan audio, dan memungkinkan mereka membuat konten yang lebih imersif.

5. Pahami performa Reels untuk kreativitas lebih baik 
Meta memperkenalkan Reels Replaysmetrik baru yang dapat memberi insight tentang performa Reels. Hal ini dapat membantu kreator dalam menyusun strategi yang lebih optimal untuk kreasi konten.



Monetisasi sederhana dan mudah bagi para kreator

1. Proses lebih sederhana untuk monetisasi lebih mudah  
Kreator dapat mengatur durasi penayangan iklan dan budget yang sesuai dengan kebutuhan. Proses ini menyederhanakan pengalaman kreator beriklan di Meta dandan membuka peluang baru untuk berkembang.

2. Gifts lintas batas
Gifts kini hadir di Instagram, di mana para followers dan non-followers dapat menunjukkan apresiasi mereka kepada kreator dengan mengirimkan hadiah virtual di Reels kreator favorit mereka. Fitur ini sudah tersedia di berbagai negara, termasuk Indonesia.

3. IG Subscriptions untuk konten eksklusif dengan lebih banyak peluang
Kreator dapat menawarkan konten eksklusif dan pengalaman khusus, sekaligus memperkuat hubungan dengan audiens mereka. Pembaruan ini membuka peluang bagi kreator memonetisasi konten mereka.

Pengalaman lebih lebih nyaman dengan fitur-fitur keamanan yang diperbarui

1. Deteksi spam secara spam secara otomatis dan cepat 
Akun yang dicurigai sebagai spam atau bot akan masuk ke kotak Potential Spam dan pengguna dapat meninjau apakah akun tersebut tergolong spam atau bukan. Meta juga melakukan pembaruan dengan menyembunyikan Stories pada akun yang dianggap sebagai spam untuk mengurangi interaksi dari akun yang tidak diinginkan.

2. Filter komentar yang efektif
Meta telah secara proaktif menyembunyikan komentar yang bersifat spam atau melanggar Standar Komunitas melalui fitur Kata yang Disembunyikan. Pengguna juga dapat menyembunyikan komentar yang dianggap spam melalui Filter Komentar yang diperbarui.

Leave a Comment