ArenaLTE.com – Apple baru saja merilis update iOS 9 yang merupakan salah satu langkah besar mereka tahun ini. Apple menjejalkan banyak fitur dan perbaikan, menyisipkan nilai tambah dalam pengalaman pengguna pada perangkat seperti iPhone dan iPad. Dibalik semua sorotan seputar fitur tambahan serta keunggulan iOS 9, ternyata kehadirannya juga menuai kritik. Ada beberapa keluhan pengguna iOS 9 yang beredar di internet.

Seperti dilansir dari BGR, tak hanya menuai pujian setiap update iOS kerap diiringi bermacam masalah, gangguan dan kritik. Reuters, Twitter dan beberapa situs jejaring sosial kebanjiran kritik dan keluhan dari pelanggan yang tidak puas. Beberapa diantaranya mengaku ditimpa masalah sejak mengupdate iPhone dan iPad ke iOS 9. Kritik dan keluhan pengguna iOS 9 ini pun bermunculan.

Keluhan pengguna iOS 9 cukup bervariasi. Sebagian besar pengguna yang ketiban sial umumnya adalah pengguna device dengan iOS lama. Tapi ada juga beberapa pengguna iPhone dan iPad baru yang juga mengalami masalah.

Beberapa orang mengeluhkan aplikasi favoritnya yang ‘crash’ sejak menggunakan iOS 9:

1-ios-update

Sebagian lain melaporkan update iOS 9 menyebabkan iPhone dan iPad ‘crash’:

2-ios-update

Berikut beberapa kutipan tweet dari ribuan orang yang menyebarkan kebencian terhadap iOS 9:

3-ios-update

Komplain terhadap update iOS 9 memang mudah sekali ditemukan. Di sisi lain, banyak juga kalangan yang sepertinya ‘asyik-asyik’ saja setelah mengupdate iPhone dan iPad mereka. Sejauh ini puluhan juta pengguna yang sudah menjajalnya terlihat menikmati.

Sekedar catatan saja, ‘crash’ beberapa aplikasi saat mengupdate kadang-kadang tak bisa dielakkan. Antara lain karena beberapa developer gagal mengupdate aplikasinya berbarengan dengan waktu update dari platform. Dibandingkan dengan beberapa update versi sebelumnya, iOS 9 termasuk yang paling lancar sampai saat ini. Keluhan pengguna iOS 9 belum terlihat begitu ekstrim.

Comments