ArenaLTE.com – Di balik tingginya pengguna media sosial, ternyata dua per tiga populasi di Indonesia saat ini belum bisa mengakses koneksi digital dan belum mendapatkan manfaat hidup dari ekonomi digital. Pemerintah terus berupaya menyediakan koneksi digital sampai area terpencil di Indonesia dan salah satunya melalui uji coba teknis Project Loon. Indosat menjadi salah satu operator yang menandatangani kesepakatan kerjasama dengan Google untuk melakukan uji coba Project Loon di Indonesia.
Baca: Gulirkan Project Loon di Indonesia, Google Alphabet Gandeng Tiga Operator Seluler

project LoonPenandatangan kesepakatan disaksikan oleh Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia di kantor pusat Google, Sillicon Valley, California. Tidak hanya Indosat, dua operator besar di Indonesia lainnya juga juga telah menandatangani kesepakatan dengan Google untuk melakukan uji coba teknis (Technical Test) terhadap Project Loon ini.

Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat melalui keterangan tertulis yang diterima ArenaLTE.com mengungkapkan bahwa Indosat dengan senang hati mendukung program Pemerintah melalui kerja sama dengan perusahaan teknologi global seperti Google. Indosat senantiasa berkomitmen menyediakan koneksi digital demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat sampai ke daerah terpencil. Kami juga telah memodenisasi jaringan kami untuk melayani masyarakat yang memiliki keterbatasan dalam mengakses jaringan,” ujarnya.

project LoonTentang Project Loon

Project Loon sendiri merupakan inovasi penyediaan akses internet dengan mengandalkan penempatan balon-balon di udara yang diibaratkan seperti Base Transceiver Station (BTS). Google sendiri telah melakukan ujicoba project loon ini selama dua tahun terakhir di berbagai negara lainnya.

Mike Cassidy, VP Project Loon Google berharap mulai tahun depan dengan adanya uji coba Balon internet ini bisa membantu sekitar 100 juta orang di Indonesia bisa menikmati kecepatan internet setara LTE. Di Indonesia hanya satu dari tiga orang yang terkoneksi dengan internet tetapi kecepatannya sangat rendah. “Geografi Indonesia yang terdiri atas pulau-pulau sangat susah menggelar serat optik. Loon akan mengatasi masalah itu. Inovasi ini seperti BTS yang tengah terbang,” jelasnya.

“Kami senang bekerja sama dengan Indosat melalui uji coba balon Project Loon Internet di Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia yang belum memiliki akses internet untuk menangkap peluang di bidang pendidikan, kebudayaan dan ekonomi,”jelas Cassidy.

Indosat bercita-cita untuk mengubah negeri lewat koneksi digital untuk seluruh masyarakat Indonesia, tidak hanya menyediakan akses telekomunikasi dan layanan digital, tetapi juga membuka kesempatan bagi generasi muda untuk menjadi penggerak ekonomi digital, sebagai turbin dari pertumbuhan ekonomi dan sosial di masa depan.

“Indosat berharap dapat terus membantu setiap orang di Indonesia untuk maju dan berkembang lebih cepat sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup mereka, serta merangkul mereka yang belum terlayani konektivitas. Kami yakin bahwa semua orang di Indonesia memiliki hak yang sama untuk bisa mengakses koneksi digital,” tambah Alexander.