ArenaLTE.com – Tanpa acara launching khusus hanya pengumuman sederhana dari akun resmi Facebook dan Twitter, Game Pokemon Go resmi hadir di Indonesia. Butuh waktu sebulan lamanya kehadiran Pokemon Go Indonesia sejak dirilis untuk beberapa regional tertentu lebih dahulu. Dan kini akhirnya dapat di download langsung oleh pengguna smartphone di Indonesia melalui Google Playstore untuk Android dan App Store untuk iOS.

Dalam pengumuman resminya, Pokemon Go sudah hadir di 15 negara Asia dan Ocenia, diantaranya yaitu Brunei, Cambodia, Indonesia, Laos, Malaysia, Philippines, Singapore, Thailand, Vietnam, Taiwan, Papua New Guinea, Fiji, Solomon Islands, Federated States of Micronesia, dan Palau.

Sebelumnya Pokemon Go hadir di negara asalnya Jepang pada 22 Juli, dan pada awal Agustus Pokemon Go juga telah lebih dulu hadir di Brasil yang tengah menjadi tuan rumah Olimpiade 2016. Kini Pokemon Go sudah bisa dimainkan secara resmi di empat benua, mencakup wilayah Amerika, Eropa, Asia, dan Australia.

Screenshot aplikasi menampilkan monster Pokemon yang muncul
Screenshot aplikasi menampilkan monster Pokemon yang muncul

Peluncuran resmi Pokemon Go Indonesia bisa dibilang terlambat karena sebelumnya para pemain di Indonesia juga dapat memainkan game ini. File instalasi Pokemon Go diperoleh lewat file .apk yang tersebar di internet oleh pihak ketiga untuk Android dan mengubah region App Store (untuk perangkat iOS).

Entah mengapa, dibandingkan negara lain yang belum resmi diluncurkan juga, para pemain bisa mengakses server Pokemon Go meskipun saat itu belum resmi masuk Indonesia. Dengan rilis Pokemon Go Indonesia secara resmi, para Pokemon Trainer diharapkan bisa dengan tenang mencari monster-monster dan tidak lagi mengalami kendala ketika menginstal melalui pihak ketiga.

pokemon Go IndonesiaNamun ketika ArenaLTE.com mengunjungi Google Playstore, ternyata versi game Pokemon Go yang bisa didownload yaitu game Pokemon Go versi 0.31.0. Versi update terbaru game Pokemon Go ini cukup menuai kontroversi karena Niantic selaku developer game Pokemon Go menghapus fitur pelacak Pokemon berupa jejak kaki virtual.

Jejak kaki virtual ini berjumlah tiga ketika Pokemon berada dalam radar namun jaraknya jauh dari pemain, jejak itu berkurang menjadi dua lalu satu jika POkeom semakin dekat. Menurut Rumor yang beredar, fitur tersebut menjadi salah satu beban paling berat bagi server Pokemon Go, jadi tim Niantic menghapusnya dan memilih meningkatkan fungsi fitur lain.

Berikut ini beberapa fitur update terbaru Pokemon Go Indonesia versi 0.31.0 :

  • Avatar bisa dimodifikasi ulang dari layar profil Trainer.
  • Penyesuaian nilai cedera saat Pokemon berpindah dalam pertarungan.
  • Mempercantik animasi Gym tertentu.
  • Memperbaiki masalah penyimpanan.
  • Memodifikasi kalkulasi cedera dalam pertarungan.
  • Memperbaiki beragam bug saat Pokemon bertarung.
  • Memperbarui layar detail Pokemon.
  • Memperbarui gambar untuk medali pencapaian.
  • Memperbaiki masalah Tampilan fitur lokasi.
  • Memperbaiki beberapa kesalahan teks.

Download Gratis Pokemon Go : Android Google Playstore dan App Store untuk iOS.