ArenaLTE.com – Pada perayaannnya yang kesepuluh tahun, layanan Skype mengumumkan peluncuran fitur terbaru mereka yaitu kemampuan untuk melakukan Skype Group Video Call menggunakan smartphone baik itu Android, iPhone, iPad dan Windows 10. Sejatinya, fitur Skype Group Video Call ini sudah hadir sejak beberapa tahun yang lalu, namun fitur ini hanya dapat digunakan melalui perangkat Mac dan personal komputer saja.

Rencananya fitur Skype Group Video Call menggunakan smartphone ini akan segera diluncurkan secara resmi beberapa minggu kedepan. Meskipun belum ada tanggal peluncuran yang resmi, para pengguna yang tertarik ingin mencoba fitur ini ditawarkan cara untuk mendaftar agar memperoleh akses dengan mengisi formulir pra-pendaftaran yang disediakan.

Form ini hanya meminta kita untuk mengisi email kita, nama skype, negara dan perangkat yang digunakan. Setelah mendaftar, Skype mengatakan akan mengirimkan email kepada kita setelah berhasil menghadirkan fitur Skype group video call kepada smartphone kita. Masih belum jelas apakah mengharuskan kita untuk mengupdate aplikasi skype yang kita miliki atau menginstal aplikasi baru yang dikirimkan via email.

Skype group video callMelalui blog resmi tersebut, Skype menceritakan berbagai hal yang berhasil diraih Skype selama perjalanannya 10 tahun. Sejak tahun 2006 ketika Skype hanya bisa diakses melalui komputer, kini ada lebih dari 750 juta orang telah mendownload Skype kedalam perangkat mereka baik itu Android, iPhone dan iPad. Selama 2 tahun terakhir, Skype juga mengalami pertumbuhan hingga 10 kali lipat yang menunjukkan menunjukkan bahwa Skype telah menjadi salah satu aplikasi gratis paling populer di iTunes Store dan Google Play Store.

Selama sepuluh tahun ini, Skype telah berhasil melakukan sekitar 2 trilyun menit komunikasi gratis melalui Skype di seluruh dunia. Dan kini kita bisa menggunakan layanan Skype menggunakan berbagai cara seperti Skype.com, Outlook.com, Xbox, Windows 10 Mobile dak kolaborasi dengan aplikasi Office Web Apps.

Dan selama perjalanan beberapa tahun berbagai penambahan fitur juga terjadi di Skype seperti fitur video messaging, fitur terjemahan secara real time baik suara maupun pesan, ikon emoji yang unik dan personal juga berbagai fitur terbaru lainnya. Skype juga memungkinkan kita untuk melakukan “join chat” bahkan untuk mereka yang tidak menggunakan skype bisa chatting bareng dan hadirnya Skype for Business sebagai layanan pengganti layanan komunikasi milik Microsoft sebelumnya yang bernama Lync.