ArenaLTE – Benarkah Facebook tengah mengembangkan smartphone secara diam-diam? Pasalnya, raksasa sosial media (sosmed) ini digosipkan bakal meneruskan konsep Project Ara yang ditinggal begitu saja oleh Google dalam Building 8 mereka. Jika benar adanya, maka industri smartphone dijamin bakal mendapat ‘goncangan’ hebat.

Menurut rumor yang beredar, Facebook tengah mengais-ngais serpihan dari Project Ara yang ditelantarkan Google. Facebook disinyalir bakal membuat smartphone dengan mencomot beberapa petinggi yang pernah menggarap konsep besutan Google tersebut.

Pada April lalu, Mark Zuckerberg mengumumkan sebuah grup Facebook yang disebut Building 8. Menurut postingan terkait, grup ini berfokus dalam pengembangan hardware baru guna mendorong misi ‘connecting the world’ dipimpin Regina Dugan, mantan Google Advanced Technology and Projects manager and DARPA director.

project ara google
project ara by google

CNet melakukan analisa terhadap 50 postingan pekerjaan di Facebook, menelusuri profil dan memastikan jika Building 8 bukan hanya sekedar laboratorium yang menelurkan perusahaan startup. CNet mengungkap bahwa Facebook menyewa lebih dari lusinan atasan untuk beberapa departemen spesifik di Building 8. Mulai dari industrial design, electrical dan mechanical engineering, application, service, supply chain, manufacturing, customer service dan device software.

CNet juga menyimpulkan bahwa Facebook membuat sebuah tim yang bakal membuat konsep, desain, produksi, distribusi dan bahkan melayani konsumen. Daftar profil yang ditarik tak main-main mulai dari eksekutif top dari perusahaan seperti Tesla, mantan pekerja Apple dengan banyak keahlian, para lead developer smartphone Ara-nya Google hingga mantan desainer Motorola.

Intinya Building 8 besutan Facebook ini sudah menjadi tempat bergabung beberapa pekerja dari perusahaan besar seperti Google, Tesla, Motorola, Microsoft, Amazon hingga Apple.

Memang belum bisa dipastikan apakah dari ‘markas’ baru itu bakal tercipta smartphone. Bisa jadi, tim tersebut lebih tertarik menelurkan beragam inovasi baru yang tak kalah mmenarik. Andaikata memang smartphone yang tengah digarap, mampukah menarik minat pasar atau berkolaborasi dengan industri terkait? Tinggal bersabar dan menunggu deh, waktu yang akan menjawabnya.