ArenaLTE.com – Dalam 5 tahun terakhir, layanan pembayaran non tunai semakin marak hal ini beriringan dengan semakin tingginya pertumbuhan smartphone dengan kemampuan NFC (Near Field Communication). Impian melakukan pembayaran dan traksaksi hanya dengan menempelkan smartphone sepertinya akan segera terwujud melalui produk layanan terbaru bernama D-Tap Indosat yang mengandalkan koneksi nirkabel NFC.

Layanan D-Tap Indosat ini merupakan produk uang elektronik berbasis chip yang melengkapi kekurangan layanan mobile payment berbasis server milik Indosat sebelumnya yaitu Dompetku. Layanan D-Tap Indosat ini berfungsi seperti layaknya kartu elektronik yang sudah banyak digunakan untuk transaksi transportasi KRL, Transjakarta, pembayaran tol dan pembayaran elektronik di layanan transportasi publik lainnya.

D-Tap Indosat Terintegrasi dalam SIM Card

Selain hadir dalam bentuk kartu, layanan D-Tap Indosat ini juga hadir dalam bentuk SIM Card. Indosat mengklaim D-Tap berbasis Sim Card akan menjadi layanan pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi standar pembayaran nirkontak internasional. Cara menggunakan layanan D-Tap Indosat, nantinya pengguna harus upgrade SIM Card yang telah ditanamkan teknologi D-Tap. Selanjutnya untuk melakukan transaksi, pengguna cukup mendekatkan smartphone yang berisi sim card D-Tap dengan fitur NFC payment aktif untuk melakukan transaksi dan pembayaran.

Layanan D-Tap Indosat berbasis teknologi NFC Payment ini dikembangkan oleh Indosat bersama Sony FeliCa, Jepang selama 1 tahun terakhir. Sony FeliCa telah terbukti berhasil mengembangkan teknologi NFC di Jepang (Suica) dan Hongkong (Octopus) dan saat ini telah memiliki 600 juta kartu beredar.

Prashant Gokarn, Chief Strategy & Planning Officer Indosat pada saat softlaunch di gedung Indosat Kamis, 13/08 mengungkapkan bahwa peluncuran D-Tap hari ini menunjukkan wujud komitmen dan konsistensi Indosat dalam mendukung terciptanya ekosistem digital di Indonesia. Pada kesempatan yang sama Randy Pangalila, Group Head Mobile Finance Services Indosat juga mengungkapkan bahwa saat ini proses topup (pengisian saldo D-Tap Indosat) bisa dilakukan melalui layanan Indosat Dompetku dan agen-agen D-Tap yang ditunjuk.

Tampak pada gambar Prashant Gokarn, Chief Strategy & Planning Officer Indosat (tengah) bersama dengan Randy Pangalila, Group Head Mobile Finance Services Indosat (kiri) dan Muhammad Syaiful Anam, Dompetku Development & Management Manager (kanan) saat melakukan demo penggunaan D-Tap.
Tampak pada gambar Prashant Gokarn, Chief Strategy & Planning Officer Indosat (tengah) bersama dengan Randy Pangalila, Group Head Mobile Finance Services Indosat (kiri) dan Muhammad Syaiful Anam, Dompetku Development & Management Manager (kanan) saat melakukan demo penggunaan D-Tap.

Ke depannya, D-Tap Indosat akan dapat diterima di seluruh lokasi dan partner yang telah mengadopsi teknologi NFC, antara lain KRL Jabodetabek, proyek transportasi umum lain, dan merchant-merchant yang telah memiliki reader atau infrastruktur NFC. Bahkan Indosat juga berencana mengembangkan kerjasama di sektor Hote, Restoran, Café dan Travel agency. (bda)