ArenaLTE.com – Ketika para pengembang developer meletakkan aplikasi buatannya dalam toko layanan aplikasi atau Apps Store, hal yang pertama perlu diingat adalah tentang ASO (App Store Optimization). Menentukan kata kunci pencarian yang tepat, serta meletakkan gambar ikon atau screenshoot aplikasi adalah kunci yang memang bisa dimanfaatka pengembang untuk menarik minat pengguna aplikasi.

Namun demikian, ASO saat ini tidak hanya fokus terhadap tiga kunci tersebut saja, ada banyak hal yang bisa dimanfaatkan pengembang sehingga aplikasinya ‘laris’ di toko layanan tersebut. Mengutip dari keterangan resmi Appannie.com, Kamis (21/1/2016), sebuah situs riset dan pengembangan aplikasi dari Amerika, mengungkapkan ada aspek lain yang bisa membantu pengembang agar aplikasi buatannya lebih banyak di-download.

Dalam laman situs resminya menerangkan, selain kata kunci untuk menjadikan pencarian aplikasi dapat terpajang paling atas, tentunya komentar dan pemberian peringkat dari pengguna yang mencoba adalah bagian dari alasan yang dipakai pengguna aplikasi untuk men-download aplikasi tersebut.

Ulasan dan peringkat yang diberikan banyak para pengguna aplikasi, adalah salah satu poin yang paling tinggi untuk menarik minat pengguna lainnya. Potensi pengguna untuk men-download aplikasi diungkapkan akan terpengaruh saat melihat rate bintang yang banyak, hal tersebut akan berbanding terbalik jika penilaian bintang yang lebih sedikit.

Selain hal tersebut, konversi atau perhitungan pengguna untuk mendapatkan aplikasi akan semakin bertambah, jika melihat ulasan pengguna lain memberikan komentar yang baik atau sedikitnya jumlah komentar negatif aplikasi. Hal tersebut memiliki pengaruh yang besar dalam merespon pengguna aplikasi untuk men-download langsung, tidak hanya sekedar membaca dan melihat dalam toko tersebut.

Aspek lain yang juga mendominasi pengguna untuk men-download aplikasi dalam layanan adalah feedback atau jawaban langsung dari pengembang. Pengembang bisa meminta hasil review pengguna, jika hal tersebut memuaskannya pengembang. Sehingga nantinya, pembuat aplikasi bisa meminta agar meningkatkan peringkat yang tinggi kepada pengguna. Namun, jika hal sebaliknya didapatkan, tentunya pengembang bisa memberikan komentar positif untuk melakukan perbaikan tersebut.

“Menanggapi pengguna di Google Play adalah salah satu cara favorit kami untuk meningkatkan peringkat toko. Dengan layanan pelanggan satu-ke-satu, kita biasanya menemukan alasan yang mendasari bintang 1 dan bintang-2 untuk sebuah ulasan, kemudian bisa meminta mereka untuk merevisi rating mereka. Hasilnya adalah peringkat yang lebih tinggi, dan lebih penting lagi, pengguna aktif dan bahagia. ” ujar Alex Mackenzie Torees, Chief Marketing Office dari pengembang Moovit.