Toko Aplikasi Apple, Lebih Menguntungkan Dibanding Play Store

ArenaLTE.com - Google Play Store bisa dibilang adalah platform distribusi aplikasi mobile terbesar di dunia saat ini. Namun, meski tercatat yang terbesar bukan berarti menjadi platform paling menguntungkan saat ini. Perusahaan analisa App Annie mengungkapkan bahwa saat ini Apple App Store masih memiliki peluang paling menguntungkan dibanding Play Store.

Dalam laporan kuartal-I 2018 yang diperoleh App Annie saat ini, tercatat bahwa ada sebanyak 85% aplikasi berbayar App Store telah digunakan penggunanya. Hal ini mengindikasikan bahwa pengguna iOS lebih banyak menghabiskan uang untuk aplikasi berbayarnya dari App Store, dan berbeda dari Play Store yang banyak menggunakan gratisan.

Namun untuk jumlah aplikasi download yang ada pada App Store secara keseluruhan lebih sedikit dibanding Play Store. App Annie mengungkapkan bahwa pada kuartal-I 2018 ini ada sebanyak 19,2 miliar aplikasi di unduh melalui Play Store, sedangkan Apps Store hanya tercatat sebesar 8,2 miliar aplikasi yang diunduh penggunanya.

Pun demikian, melihat besarnya aplikasi berbayar yang didapat kedua perusahaan, bisa terlihat bahwa ada banyak keuntungan yang didapatkan keduanya. Jika digabungkan, kedua toko aplikasi ini mendapatkan sekitar 275,5 miliar aplikasi yang diunduh. Dan hal itu mengindikasikan bahwa ada sebanyak USD18,4 miliar keuntungan yang didapat dari kedua perusahaa.

App Annie juga mencatat pengguna menghabiskan sekitar tiga jam sehari dalam aplikasi, dan tercatat juga ada sekitar 40 aplikasi per bulan digunakan. Angka ini kemungkinan meningkat seiring dengan perkembangan dan kemajuan dari versi Android yang akan hadir. Meskipun demikian isu keamanan kini menghantui banyak perusahaan, dan menjadi momok yang menakutkan bagi pengguna aplikasi itu sendiri.

Leave a Comment