ArenaLTE.com – Setelah ramai diperbincangkan di dunia maya tentang nama kepanjangan dari Android M, kini pihak pengembang dibawah naungan Google mengungkapkan arti M adalah Marshmallow. Hal tersebut juga ditunjukkan dengan ikon robot hijau yang sedang membawa Marshmallow yang terpampang dalam halaman depan kantor perusahaan internet raksaksa Amerika tersebut.

Google telah resmi mengenalkan Android M adalah Marshmallow, dengan ikon identik sang robot hijau yang membawa Marshmallow. Sebagai penerus dari versi terdahulunya, Google mengungkapkan bahwa Android tersebut akan masuk dalam kode versi 6.0.

Seperti diketahui, Google selalu menamakan dengan sistem operasi Android terbarunya tersebut, disesuaikan dengan urutan abjad huruf serta identik dengan nama makanan penutup. Jika diurutkan dari seri pertama yang dihadirkannya, seri tersebut adalah versi 1.5 dengan nama Cupcake.

Kemudian sistem operasi kembali diperbarui dengan nama Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb (untuk tablet), Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, Kitkat, Lollipop, dan saat ini hadir dengan nama baru yang dilabeli Android Marshmallow 6.0 yang diungkapkan akan resmi dihadirkan pada memusim gugur atau sekira akhir 2015 mendatang.

Fitur Terbaru

Seperti pada sistem operasi terbaru seri lainnya, Android M juga akan mendapatkan sejumlah fitur pembaruan di dalamnya. Salah satunya adalah fitu Doze yang akan memberikan kemampuan sistem untuk masuk modus siaga, jika pengguna mendiamkan ponsel dalam waktu yang lama.

Hal tersebut diklaim oleh pihak pengembang untuk meningkatkan daya tahan baterai, serta kondisi bangun sistem yang cepat. Selain itu, disebutkan juga bahwa fitur terbaru ini akan memberikan kemudahan untuk proses perizinan baru, sehingga memudahkan pengguna untuk menginstall aplikasi pihak ketiga yang didapat diluar Play Store.

Untuk keamanan, Android M diklaim telah mendukung fitur pemindai sidik jari atau fingerprint yang hadir dengan beberapa pembaruan. Pengguna diklaim akan lebih mudah untuk mengubah maupun melalui proses yang tidak rumit untuk mengganti sidik jari baru.

Comments