Review OPPO F3 Plus : Smartphone Selfie Wide Angle Kamera

  • Review OPPO F3 Plus
  • Review OPPO F3 Plus
  • Review OPPO F3 Plus
  • Review OPPO F3 Plus
  • Review OPPO F3 Plus
  • Review OPPO F3 Plus

Plus

  • Dual Selfie Camera Wide Angle
  • RAM 4GB dan Memori 64 GB
  • Desain Premium
  • Baterai 4000mAh Dengan VOOC Fast Charging

Minus

  • Belum ada NFC
  • Belum USB type-C

Score: 8.2

DESAIN
9
LAYAR
8
KAMERA
8
MULTIMEDIA
8
PERFORMA
8
VALUE FOR MONEY
8
ArenaLTE.com - Tagline ‘Selfie Expert’ ala OPPO sukses melejitkan beberapa seri mereka seperti F1, F1 Plus dan F1s. Bahkan konsep serupa mulai ditiru para rival. Tapi OPPO kembali tancap gas dan berakselerasi menuju posisi depan dengan seri lanjutan yang dinamakan OPPO F3 Plus seharga IDR 6.499.000.

Awas, buka jalan buat seri selfie generasi baru! OPPO F3 Plus baru saja melenggang dengan percaya diri di tengah keriuhan ‘smartphone selfie’. Sebagai pionir urusan ‘selfie’, F3 Plus pantas mendapat sorotan. Tapi soal fitur, spesifikasi dan lain-lain, beda urusan, karena hanya review OPPO F3 Plus dari ArenaLTE  yang bisa menjelaskannya.

Review OPPO F3 Plus

Desain OPPO F3 Plus

Untuk tampilannya, handset ini masih menganut konsep tipis dan premium. Begitu duduk di pangkuan telapak tangan saya, feel dari struktur logam unibodinya langsung terasa. Permukaan dingin karena eksteriornya terbuat dari logam yang solid saat diketuk serta ditimang. Bermutu menurut saya.

Desainnya masih gaya lama, elegan dengan panel depan yang dibungkus layar lengkung 2.5D. Tapi menurut saya, OPPO sudah harus mulai memikirkan untuk mengubah desain supaya konsumen tak bosan dan tak salah terka. Kemiripan antar generasi dan lini produk masih terlalu kental. Menyebabkan orang kesulitan membedakan antar seri.

Tapi untungnya, OPPO F3 Plus tetap terlihat elegan dan premium. Sebuah daya tarik tersendiri sih. OPPO F3 Plus termasuk bongsor karena punya layar berdimensi 6 inci. Tapi size totalnya terlihat lebih ringkas dengan screen to bodi ratio 75,1%. Pasalnya, touchsreen F3 Plus punya bezel tipis. Buat menjaga dari goresan seri ini sudah dibungkus panel Gorilla Glass 5.
Review OPPO F3 Plus
Oh ya, OPPO F3 Plus menyematkan tombol home fisik yang sekaligus berfungsi sebagai sensor sidik jari.  Catatan menarik dari desain F3 Plus adalah langkah OPPO yang menghilangkan line antena tebal. Sehingga aspek tampilan di bodi belakang jadi terlihat lebih unik. Garis antenna dibuat jadi 6. Kabarnya sih supaya kemampuan menangkap sinyal jadi lebih baik.

Saat dijajal, memang kemampuan menerima sinyal terasa sedikit lebih baik ketimbang beberapa smartphone yang pernah saya uji. Hal terakhir, bodi belakangnya punya logo OPPO yang diukir. Kesannya sangat eksklusif. Hanya saja, balutan logam yang membungkus area tersebut licin. Harap maklum deh kalau saat dipegang tiba-tiba merosot. Kalau jatuh, ya hanya bisa mengelus dada saja.

Grill loudspeaker dipasang di di ruas bodi bawah. Untuk mengakses slot nano SIM atau microSD tinggal cari lubang kecil di atas tombol power. Colok dengan penyuntik khusus maka akan nongol tray. Tempatkan kartu pada posisinya lalu masukkan lagi.

Layar

Review OPPO F3 Plus

Layar super besar membuatnya sangat cocok dipakai untuk mendukung aktivitas multimedia seperti nonton video. Juga lebih nyaman dipakai menampilkan gambar dan foto-foto. Sama seperti beberapa seri yang sudah kami uji, layar sentuh OPPO cukup intuitif.

Ujung jari kita selalu direspon dengan baik meski hanya sentuhan ringan. Bahkan, meski memakai sarung tangan atau layar agak basah, layar sentuhnya tetap bersahabat. Berkat layar berkualitas dan resolusi mumpuni, gambar yang terlihat mata tampak tajam dan detil.

Panel JDI INCELL punya bentang layar 6 inci disuntik resolusi full HD (1920x1080 piksel). Warna yang terpancar tampak natural dengan tingkat kecerahan gambar jempolan. Tapi dalam kondisi luar ruangan, pancaran sinar matahari ternyata agak mengganggu dimana gambar di layar jadi kurang optimal. So, pengaturan level brightness harus diatur ke tingkat tertinggi supaya tampilan kembali memuaskan.

OS & Antarmuka

OPPO F3 Plus memang masih belum beranjak ke sistem operasi Android 7.0 Nougat. Tapi sang vendor bisa mengoptimalkan Android 6.0 Marshmallow berkat dukungan Color OS 3.0. Antarmuka ini berjalan sangat efektif.

Loading homescreen-nya terbukti gesit dan minim lag. OPPO juga mengklaim kalau kecepatan instalasi aplikasi lebih ngebut dari versi antarmuka sebelumnya hingga 40%. Lebih dari itu, sistem Color OS 3.0 yang teroptimasi memastikan perangkat untuk beroperasi dalam kecepatan tinggi namun lebih irit energi, serta performa maksimal.

Secara tampilan, masih tetap mengingatkan pada ciri khas user interface OPPO, dimana ikon dibuat besar dan dibalut warna atraktif yang sedap dilihat. Tampilan layar pun terlihat lebih simpel dan minimalis.

OS-antarmuka-OPPO-F3-Plus
Beberapa yang khas seperti fitur double tap to lock, double tap to wake dan gesture control terbenam dalam smartphone ini. Sekedar gambaran, bila kondisi layar dalam keadaan mati atau terkunci, kita bisa menggambar pola tertentu untuk kemudian langsung mengarahkan ke aplikasi kamera.

Antarmuka ini juga menghadirkan performa maksimal dengan fitur built-in Privacy Protection dan pendeteksi virus berbasis Avast. Tak terlalu banyak bloatware yang terbenam dalam ponsel ini, jadi kinerjanya pun bisa diandalkan.  

Kamera OPPO F3 Plus

Review OPPO F3 Plus
Tagline ‘Selfie Expert’ masih jadi pegangan seri anyar OPPO ini. Alhasil, F3 Plus masih tetap menonjolkan kekuatan kamera depan. Pertama-tama ulasan tentu harus difokuskan ke area ini. Keunggulan smartphone ini adalah lensa wide-angle dan dual-front selfie camera.

Kamera depan dari F3 Plus punya dua sensor sekaligus. Kamera utama di depan punya resolusi 16MP dengan sensor 1/3-inch yang dapat membantu meningkatkan pencahayaan dan ketajaman hasil gambar. Lantas bukaan f/2.0 yang besar memungkinkan pengguna untuk mendapatkan efek kedalaman terbaik.

Sementara buat mendukung group selfie, disematkan pula kamera pendukung berkekuatan 8MP memiliki lensa dengan sudut kelebaran 120 derajat. Dapat menangkap gambar 105% lebih luas dari lensa depan smartphone umumnya.

Review OPPO F3 Plus

Oh ya, kamera depan pendukung tersebut dilengkapi juga dengan lensa kamera 6P, hal ini memungkinkan lebih banyak orang yang tertangkap kamera dengan minimum distorsi. Kamera depan OPPO F3 Plus ini juga memiliki sensor 1/4-inch.

Dengan fitur Smart Facial Recognition, OPPO F3 Plus secara otomatis memberitahu pengguna untuk pindah ke mode group selfie jika ada lebih dari tiga orang pada frame. Beberapa jepretan dengan kamera depan ponsel ini terlihat memuaskan. Hasilnya terbukti jempolan, fokus dan tajam. Bisa dipoles dengan fitur Beautify untuk mempercantik wajah dan juga ditambahi bokeh.

Lebih dari itu, kamera belakang OPPO F3 Plus juga menawarkan performa fotografi yang profesional dan premium dengan fast focusing speed, pengurangan noise, dan performa low-light yang canggih. Didukung sensor ½.8-inch Sony IMX398 terbaru berkekuatan 16MP.

Kemudian dilengkapi teknologi dual PDAF – Phase Detection Autofocus, yang merupakan hasil pengembangan dengan Sony. Hal ini menjadikan fokus pada perangkat 40% lebih cepat bahkan dalam kondisi kurang cahaya. Dilengkapi dengan bukaan f/1.7, hasil gambar akan lebih jelas dan tajam. Hasilnya tak kalah impresif dari kamera depan.

Review OPPO F3 Plus

Multimedia

Bicara soal musik, keluaran suara yang memancar dari music player OPPPO F3 Plus sama dengan pendahulunya, memiliki kualitas jempolan. Loudspeaker di ruas bawah bisa menyemburkan audio lantang tapi tetap ramah buat telinga. Seperti biasa, OPPO F3 Plus menyuntikkan berbagai fitur pendukung aktivitas multimedia mulai dari music player dan video player bawaan.

Fitur Lain

Review OPPO F3 Plus
OPPO F3 Plus masih mempertahankan tombol home yang berfungsi sebagai sensor sidik jari atau fingerprint recognition. Berbasis Lightning-Fast Touch Access, sensor ini bisa membuka kunci layar hanya dalam hitungan 0,2 detik. Sensor sidik jari OPPO F3 Plus merupakan yang tercepat di antara smartphone lain yang ada di pasaran saat ini.

Selain itu, fitur pendeteksi ini menjadi lebih serba-guna karena mampu membuka aplikasi yang diinginkan hanya dengan sidik jari. Dalam
pengujian, sensor sidik jari ini memang cepat merespon sentuhan, dalam tempo sepersekian detik, layar yang terkunci bisa langsung terbuka saat kita menyentuhnya.

Review OPPO F3 Plus
Guna menjamin penggunanya bisa menikmati banyak layanan, OPPO menjejalkan beberapa aplikasi bawaan seperti Security Center untuk memonitor pemakaian data, melepas memori. O-Cloud, memungkinkan backup kontak dan pesan yang ada dalam ponsel. OPPO F3 Plus juga membenamkan juga fasilitas backup and restore buat mempermudah pengguna berjaga-jaga saat ponsel bermasalah atau tak sengaja kamu factory restart.

Performa

review_OPPO_F3_Plus
OPPO F3 Plus termasuk smartphone yang gesit. Kinerjanya untuk aktivitas multitasking bisa diandalkan. Game dengan grafis berat bisa berjalan optimal dan tidak ada gangguan seperti lag atau hang. Tapi saat digeber menonton menonton video berjam-jam atau diforsir untuk fotografi, bodi smartphone ini agak memanas meski tidak berlebihan.

Soal grafis, smartphone ini menyuguhkan suguhan nan apik dengan dukungan GPU Adreno 510. Dipakai bermain game atau melakukan rendering gambar yang berat pun terlihat tak kedodoran.

Oh ya, dapur pacunya sudah naik kelas dengan chipset Qualcomm MSM8976 Pro (Snapdragon 653). Mengandalkan prosesor octa core (4x1.95 GHz Cortex-A72 dan 4x1.44 GHz Cortex-A53). Selain itu, OPPO F3 Plus memiliki performa yang cepat dengan prosesor octa-
core dilengkapi 4GB RAM dan 64GB ROM.

Review OPPO F3 Plus
Penggunaan sehari-hari yang lebih awet juga menjadi keunggulan dari produk OPPO F3 Plus. Baterai tanam 4.000 mAh memberikan perangkat waktu standby lebih dari 284 jam. Melalui solusi pengisian cepat VOOC Flash Charge, baterai smartphone ini bisa mengisi empat kali lebih cepat dari baterai standar.  

Gambaran kasarnya, pengguna bisa mendapatkan dua jam waktu bicara hanya dengan pengisian baterai selama lima menit. Jadi, kita bisa menikmati baterai dengan daya tahan lama tapi hanya memerlukan waktu pengecasan singkat.

Berikut kita lampirkan benchmark seputar performa OPPO F3 Plus.
review_OPPO_F3_Plus

Konektivitas

Review OPPO F3 Plus

Perangkat ini juga menawarkan kombinasi dual-slot kartu untuk dua Nano 4G SIM Card atau satu nano SIM Card dengan microSD yang dapat memperbesar memori penyimpanan hingga 256GB. Seri ini mendukung jaringan 4G LTE Cat. 6 dengan kecepatan download mencapai 300Mbps dan upload 50Mbps.

Konektivitas seperti Bluetooth 4.0,aGPS, and 802.11 b/g/n/a Wi-Fi pun, port micro USB sudah terintegrasi dalam ponsel ini. Oh ya, smartphone ini sudah mendukung USB On-the-Go (OTG).

Review OPPO F3 Plus

Value for Money

Sebagai spesialis selfie, OPPO F3 Plus benar-benar memiliki kamera depan yang sangat handal. Kamera depan 16MP+8MP dengan lensa super lebar 120 derajat membuatnya menjadi salah satu yang terbaik untuk urusan selfie. Buat penggila selfie tak rugi merogoh kocek 6 juta lebih.  

Sementara soal spesifikasi, prosesor kelas plus RAM 4GB dan ROM 64GB masih cocok dengan banderol. Apalagi OPPO juga menambahkaqn fitur papan atas lain seperti kamera utama 16MP, desain dengan casing berkualitas hingga dukungan fast charging dan teknologi security mutakhir.

Review OPPO F3 Plus

Leave a Comment