Review ASUS Zenfone 3 ZE552KL: Desain Elegan Dengan Performa Menawan

Plus

  • Desain Elegan 2,5D Gorilla Glass depan dan belakang
  • Hybrid DualSIM/microSD 4G LTE
  • Kamera Handal
  • Rekam Video 4K 2160p

Minus

  • Kamera Selfie Tanpa LED flash
  • tombol fisik sentuh kapasitif tanpa backlight
  • Baterai Non-Removable Jika terjadi kerusakan

Score: 8.0

DESAIN
8
LAYAR
8
KAMERA
8
MULTIMEDIA
8
PERFORMA
8
VALUE FOR MONEY
8
ArenaLTE.com - Seri Zenfone 3 memang dijadikan sebagai senjata andalan ASUS untuk menghadirkan produk smartphone yang memiliki fungsi superior. Kombinasi antara spesifikasi dan desain menjadikan smartphone ASUS Zenfone 3 ZE552KL memiliki beragam hal yang lebih, dibandingkan dengan smartphone lain dikelas menegah. Beberapa hal yang pasti tersebut diantaranya seperti prosesor Qualcomm 625, RAM 4GB, kamera handal serta kualitas musik dan visual yang berkelas.
ASUS Zenfone 3 ZE552KL bisa dibilang jagoan untuk urusan fotografi, disediakan banyak sekali fitur untuk mendukung kemampuan kamera16 Megapiksel yang melekat. Fitur PixelMaster 3.0, OIS dan beragam aplikasi pendukung lainnya. Untuk urusan audio disediakan SonicMaster 3.0 yang menghantarkan 24-bit Hi-Res audio ke dual speaker dan DTS sound ke headphones, sedangakan untuk tampilan layar kita akan dimanjakan dengan hadirnya VisualMaster 3.0 pada layar.

Memang jika kalian butuh smartphone lebih powerful lagi, sebenarnya bisa memilih seri Zenfone 3 Deluxe yang memiliki prosesor Snapdragon 820. Namun untuk di kelas menengah, seri ASUS Zenfone 3 ZE552KL ini cukup handal dengan seri prosesor Snapdragon 625 yang membuat kamera mampu merekam video 2160p, terkoneksi jaringan 4G LTE dan dukungan RAM 4GB. Seperti apa kehandalan dari smartphone ASUS Zenfone mari kira review ASUS Zenfone 3 ZE552KL.

 


Desain

Penampilan ASUS Zenfone 3 ZE552KL terlihat elegan dengan material kaca cembung 2.5D Gorilla Glass di bagian depan dan belakang. Dengan bobot sekitar 155 gram membuatnya terasa lebih ringan dan desain lekukan membulat di bagian sisinya membuatnya nyaman dan mulus ketika digenggam. Bagian sisinya di beri garis metalik yang mengapit bagian sisi yang berwarna doff membuatnya enak untuk dilihat dan memberi kesan premium.

Lebih dari itu, panel kaca yang membalut sekujur tubuh Asus ini adalah Gorilla Glass 3 besutan Corning. Setidaknya, lapisan kaca ini anti baret. Saat dicoba menggores ringan dengan kunci motor ataupun benda logam berujung tajam, tidak ada bekas yang tersisa. Tapi kalian harus berhati-hati dengan material kaca seperti ini, karena sekuat apapun, jika terjatuh atau terbentur cukup keras layarnya beresiko pecah.

Motif desain Zen tetap telihat dengan pola lingkaran di area bagian belakang bahkan untuk tombol volume dan tombol power di sisi kanan. Pola ini akan terlihat jelas jika ada pancaran sinar cukup kuat menyinarinya. Komposisi bodinya pas dengan rasio 77,3% screen to body ratio dan bentang layar 5,5 inchi. Dibawah layar tertanam tombol fisik sentuh kapasitif yang menjadi ciri khas Asus meski tak dibackup dengan lampu backlight.

Di atas layar tertanam kamera selfie 8 MegaPiksel yang bersebelahan dengan sensor cahaya proximity dan ambient. Di sisi kiri tersedia dua slot SIM Card dimana slot yang satu berfungsi ganda (hybrid). Jadi bisa berfungsi selbai slot MicroSD atau nanoSIM.

ASUS tetap mempertahankan lubang jack headset 3,5 mm di bagian atas meskipun telah memasang port USB Type-C di sisi bagian bawah. Area sisi bawah juga menyediakan load speaker yang tidak akan terganggu semburan suaranya bahkan ketika smartphone diletakkan diatas meja.

Sisi bagian belakang ternyata cukup penuh, ada kamera utama 16 MegaPiksel berbentuk kotak yang menonjol keluar. Meskipun menonjol namun takperlu khawatir tergores karena dilapisi dengan bahan material Saphire. Kamera diapit oleh sensor laser fokus dan dobel LED Flash. Dibawah kamera menempel sensor sidik jari.

Display

Layar seluar 5,5 inchi Asus Zenfone 3 ZE522KL mampu menampilkan kualitas gambar yang telihat cerah, detail dengan efek warnya yang sempurna. Tidak berlebihan karena kualitas layar dengan resolusi 1080p super IPS+ dengan teknologi Tru2Life+ processor ini setara denga teknologi TV 4K. Kerapatan ini sudah lebih dari cukup untuk menikmati konten video melalui ponsel.

Tambahan teknologi Visual Master 3.0 juga meningkatkan hingga 100% NTSC color coverage yang meningkatkan akurasi warna lebih baik. Cocok dipakai menonton video, bermain game dengan grafis bagus. Apalagi ponsel ini memiliki kecerahan 600nit,  jadi tambah asyik karena gambar terlihat cerah, detil dan efek yang tertampil terlihat sempurna.

Disediakan juga blue light filter yang bisa di non aktifkan, cara ini diyakini dapat membuat mata lebih nyaman untuk memandang layar smartphone dalam jangka waktu yang lama dalam kondisi gelap. Dan meskipun layar terang dan kontras namun pantulan cahaya matahari dapat diredam, sehingga masih bisa terlihat nyaman di bawah terik matahari.

OS & Antarmuka

Asus Zenfone 3 ZE552KL mengoperasikan Android 6.0.1 Marshmallow dengan antarmuka khas buatan ASUS yang disebut dengan ZenUI. Tampilannya berbeda dari yang lain, dimana untuk seri ini Asus sudah menanamkan versi update ZenUI 3.0. Perbedaannya terlihat dari ikon-ikon yang dirombak menjadi lebih segar dan atraktif dengan tampilan lebih rounded.

Mengaktifkan layar dari kondisi off cukup nyaman menggunakan tombol power, namun ternyata mengaktifkan smartphone melalui sensor sidik jari jauh lebih cepat dan lebih nyaman. Fitur ini selalu aktif dan siap kita sentuh untuk mengaktifkan layar dan langsung membawa kita ke homescreen. Alternatif lain cara mengatifkan layar yaitu menggunakan ZenMotion's touch gestures.

ZenUI juga bisa dikostumisasi hingga menghasilkan tampilan yang berbeda beda sesuai selera kita. Tak lupa saya juga menemukan toko aplikasi untuk tema, wallpaper dan icon di dalam aplikasi theme. Catatan menarik lain yang kami temukan, ZenUI juga sudah bisa dikostum untuk menggunakan 2 layer (memiliki app drawer) atau 1 layer saja (semua aplikasi tertanam langsung di homescreen).

Kamera ASUS Zenfone 3 ZE552KL

Asus ZenFone 3 memiliki kamera utama dengan resolusi 16MP dan kamera selfie berkekuatan 8MP, kualitas kameranya tetap dijaga dengan dengan memakai sensor Sony Exmor RS IMX298. Sensor ini biasa kita temukan di smartphone kelas premium seperti Huawei Mate 8, OnePlus 3 and Xiaomi Mi 5. Kamera utama 16 MP ini memiliki lensa dengan bukaan diafragma f/2.0 yang di dukung dengan beragam fitur andalan seperti sensor koreksi warna yang membuat saturasi warna lebih detail dan akurat.

Sensor Autofocus kamera smartphone ini sangat cepat berkat teknologi laser autofokus. Dikombinasi dengan TriTech auto-focus yang mengombinasikan software eksklusif dengan tiga teknik fokus independen (continuous focus, laser auto-focus generasi kedua dengan jarak fokus hingga 1,2 meter, dan juga phase-detection).

Hasilnya, fokus super kilat hingga 0,03 detik. Selain itu, pengguna juga bisa menikmati auto-focus continuous pada objek yang bergerak. Jadi, meski kita memotret benda bergerak dan gambar tetap fokus. Kamera jadi lebih komplit dengan tambahan fitur Asus PixelMaster 3.0. mulai dari mote Auto, Manual, HDR Pro, Beautification, Super Resolution, Children, Low Light, QR Code, Night, Depth of Field, Effect, Selfie, GIF Animation, Panorama, Miniature, Time Rewind, Smart Remove, All Smiles, Slow Motion, Time Lapse.

Disediakan berbagai mode pemotretan, termasuk mode manual yang membuat kita bisa memotret layaknya professional fotografer. Pada tampilan kamera disediakan horizon level, histogram hingga kompnesasi eksposure baik ISO maupun shutter speed yang bisa kita atur manual. Kecepatan memoteret Asus Zenfone 3 muali dari 1/50,000s hingga 32s untuk melukis cahaya dengan teknik paning. Sayangnya pada mode manual ini kita tidak bisa mnegatur diafragma, namuan bisa kita atur depth of filed nya terutama jika kalian ingin menampilkan efek bokeh.

Dalam situasi cerah dengan cahaya melimpah, hasilnya benar-benar jempolan. Detil yang tertangkap sangat prima, warna dan ketajaman gambarnya pun sangat natural dan persis seperti aslinya. Sedangkan dalam kondisi minim cahaya kameranya masih menangkap gambar dengan kecerahan optimal dengan menggunakan fitur low light, night mode, smart remove, time rewind (burst mode) dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk selfie kita bisa menggunakan kamera depan 8 Megapiksel yang juga memiliki bukaan diafragma f/2.0. Hasil foto selfie ini cukup tajam dan sedikit noise. Dengan rentang fokus seukuran panjang tangan, area background sudah terlihat cukup blur yang membuat hasil foto selfie cukup baik.

Untuk urusan rekam video, Asus Zenfone 3 ZE552KL mampu merekam video dengan kualitas maksimal 2160p dengan kamera utama sebagus rekam video dengan resolusi 1080p @ 60fps. Untuk kamera selfienya juga bisa merekam video dengan kealitas maksimal 1080p @ 30fps. Semua hasil rekam video memiliki kualitas H.264 codec, jadi tidak akan masalah untuk proses sharing langsung ke sosial media.

Hasil Foto Asus Zenfone 3 ZE522KL

 

A photo posted by Arena LTE (@arenalte) on

 

A photo posted by Arena LTE (@arenalte) on

 

A photo posted by Arena LTE (@arenalte) on

 

A photo posted by Arena LTE (@arenalte) on

Fitur Asus Zenfone 3 ZE552KL

Berbeda dengan sensor sidik jari smartphone lain, Asus Zenfone 3 ZE552KL menyisipkan area sensor sidik jari dengan bentuk lonjong. Sensor sidik jarinya cukup gesit saat berakselerasi, hanya membutuhkan waktu 0,2 detik untuk membuka ponsel saat kita mengetuknya. Cukup dengan sentuhan ringan saja lho. Tak hanya itu, kita juga bisa merekam hingga 5 sidik jari lho.

Fitur andalan yang jadi ciri khas Asus adalah fitur ZenMotion, seperti aktifkan layar hanya cukup dengan mengetuk touchscreen dua kali, layar akan hidup atau sebaliknya mati. Ada juga touch gesture dimana kita bisa mengaktifkan aplikasi dengan menggambarkan sebuah huruf di layar yang sedang sleep.

Cukup goreskan jari di layar kondisi off untuk langusng mengaktifkannya dan membuak aplikasi tertentu, misalnya gambar huruf “C” untuk akses kamera utama, "S"  untuk kamera selfie, "V" untuk telepon dan lain sebaginya.

Fitur lain yang menurut saya penting, adalah autostart. Dengan fitur ini kita bisa memilih aplikasi yang berhak berjalan di awal. Seperti diketahui, kalau semua aplikasi aktif, smartphone menjadi lebih lamban saat masuk ke homescreen.

Untuk penyimpanan dokumen penting, Anda bisa mengandalkan ASUS WebStorage yang sudah tersedia di dalam ASUS Zenfone 3. Anda akan mendapatkan free 5GB storage ketika sudah melakukan registrasi dan semua file-file penting aman dari resiko kehilangan atau kerusakan.

Konektivitas

Soal konektivitas jaringan, Asus ZenFone 3 membawa dukungan yang lengkap untuk teknologi jaringan 4G LTE semua operator di Indonesia. Asus Zenfone 3 mendukung 4G LTE di kedua slot SIM dimana hanya salah satu yang bisa menggunakan 4G sisanya menjadi 2G/3G. Nah, pada Asus Zenfone 3 ini, secara hardware sudah menggunakan modem yang mendukung LTE Category 7 dimana kecepatan secara teori bisa sampai 300Mbps.

Lebih jauh, sistem navigasi Asus Zenfone 3 cukup lengkap mulai dari GPS, AGPS, GLONASS, dan Beidou. Akurasinya cukup bagus dan cepat. Kelengkapan konektivitas lain dalam smartphone ini antara lain, WIFI 802.11ac, MiMO Wi-Fi, Bluetooth 4.2, USB Type-C.

Performa ASUS Zenfone 3 ZE552KL

Untuk jeroan dalam Asus Zenfone 3 ZE552KL tertancap chipset prosesor Qualcomm Snapdragon 625, meskipun ini kelas menengah namun memiliki tingkat efisiensi power yang lebih baik karena menggunakan proses 14nm. Sebagai perbandingan prosesor Snapdragon 650 dan 652 dibuat menggunakan proses lama yaitu 28nm namun memiliki Cortex-A72 core yang lebih besar  dan GPU yang lebih kuat.

Jika dibandingkan Snapdragon 625 menggunakan delapan Cortex-A53 core dengan kecepatan 2GHz clock speed. Performasnya sangat cepat untk multi tasking bisa dibilang secepat Snapdragon 820 pada OnePlus 3 dan sedikit lebih kurang dari chip Helio X20 pada Xiaomi Redmi Note 4.

Beralih ke prosesor grafis Asus Zenfone 3 ZE552KL memiliki GPU Adreno 506 berkecepatatan 650 MHz ini sudah lebih dari cukup untuk diajak bermain game dan virtual reality. Game seperti Final Fantasy, Sim City dan beberapa game VR tetap lancar tanpa gangguan.

Sebagai tandem untuk mendongkrak performanya, seri yang kami uji dijejali RAM 4 GB dan memori internal 64GB. Jika kalian merasa kapasitas tersebut masih kurang, bisa memasang kartu MicroSD di slot SIM 2 yang mendukung kapasitas hingga 256GB.

Kinerjanya lancar, halus, cepat dan responsif tanpa kendala berarti, bahkan menjalankan berbagai aplikasi dan kita membuka banyak aplikasi sekaligus secara bersamaan, akselerasinya tetap mulus. Selain itu, aplikasi yang memiliki beban grafis tinggi dan loading heavy tetap terasa ringan.

Untuk urusan baterai, smartphone 5,5 inchi dengan kapasitas baterai 3000mAh terbilang standar namun masih lebih baik dari versi sebelumnya yang hanya memiliki kapasitas baterai 2600mAh. Meskipun paket charger yang diberikan adalah standar 5V 2A charger, namun Asus Zenfone 3 ZE552KL sudah mendukung Quick Charge 3.0, yang akan meningkatkan performa kecepatan proses dari 10W hingga18W. Butuh waktu 10 jam nonstop menonton video untuk menghabiskan baterainya, ini lebih baik dari LG V20 (3,200mAh) yang butuh 8 jam saja sampai baterainya habis.

Value for Money

Dibanderol dengan harga IDR4,7 jutaan diasar Indonesia, Asus Zenfone 3 ZE552KL masih menjadi pilihan sempurna untuk smartphone kelas menengah yang powerful. Smartphone ini menawarkan banyak fasilitas dan fitur unggulan didalamnya, muali dari desain premium dengan material kaca 2,5D Dilapisi Gorilla Glass Depan dan belakang. Layar 5,5 inchi dengan resolusi 1080p cukup pantas untuk menampilkan semua konten multimedia dengan prima bahkan dibawah terik matahari sekalipun.

Kamera juga jempolan, dengan sensor mahal buatan Sony sudah menunukkan jaminan kualitas foto dan video yang dihasilkannya. Hasil foto dengan detail warna yang akurat juga kamera selfie yang cukup tajam untuk membuat wajah tampil menawan. Kamera juga bisa merekam video dengan kualitas hingga 4K 2160p plus mendapatkan fitur OIS + EIS duo untuk stabilitas. Kolaborasi desain dan fitur yang dimilikinya membuat Asus Zenfone 3 ZE552KL tampil layangnya smartphone kelas premium dengan Desain Elegan dan Performa Menawan.


Leave a Comment