Begini Kebiasaan Selfie Pengguna Smartphone Indonesia

ArenaLTE.com - Selfie kini telah menjadi aktivitas wajib pengguna smartphone di berbagai belahan dunia. Tapi setiap aktivitas tersebut memiliki ciri dan cara yang berbeda termasuk dalam sudut pengambilan gambarnya. Begitupun dengan kebiasaan selfie pengguna smartphone di Indonesia.

Banyaknya smartphone fotografi dengan kamera mumpuni saat ini, menjadi satu peluang aktivitas selfie semakin pengguna smartphone kian tumbuh. Tetapi seperti disebutkan diatas, ada kebiasaan yang sulit dihilangkan ketika mengambil gambar sendiri. Kebiasaan selfie itu pun tidak sama setiap penggunanya. Berikut kebiasaan selfie orang Indonesia yang biasa ditemui.

Tempat


Bukan hanya pelancong yang akan memilih tempat plesiran, pecinta selfie pun suka bepergian untuk memilih destinasi yang tepat dan area yang cocok untuk mengabadikan dirinya dan lingkungan. Makanya, sering kali kita dengar banyak orang yang suka foto berujar ‘daerah di sana bagus buat selfie’. Pun demikian, beda orang beda juga kebiasaan yang akan dilakukannya. Termasuk pengguna di Indonesia.

Kebiasaan masyarakat Tanah Air saat mengambil foto memang bisa dibilang masih standar, terutama wanita yang hampir semua pengguna di Indonesia lebih sering selfie di tempat seperti toilet, kamar mandi, rumah sakit, bahkan terkadang banyak juga yang selfie di mall. Berbeda dengan lelaki, kalangan ini lebih memilih dengan latar belakang yang unik dan keren, setidaknya menginteprestasikan dirinya dengan nilai lebih dan biasanya memanfaatkan tema tentang pegunungan atau pun laut lepas.

Namun demikian, pecinta fotografi mobile Indonesia sepakat, bahwa kemampuan pengambilan gambar Wide dan resolusi yang besar pada kamera smartphone adalah faktor yang paling diperhitungkan. Alasannya, tentu karena hal tersebut bisa mendukung pengambilan dengan sudur yang lebih lebar, terlebih untuk pengambilan gambar Wefie dan kamera depan dengan resolusi besar bisa menghasilkan gambar yang bagus, serta lebih mudah dioperasikan.

Gaya Foto

Berbeda antara daya kebiasaan selfie cowok dengan cewek, begitu pun halnya setiap masyarakat suatu negara pasti memiliki kebiasaan yang berbeda. Pun demikian jika kaum hawa dikebanyakan negara lebih mengutamakan penampilan, bahkan tak jarang mereka selfie untuk melihat penampilan dan mendapatkan penilaian. Maka tentunya berbeda dengan kaum lelaki, setidaknya kaum adam lebih sedikit ‘cuek’ dibandingkan dengan wanita. Karena bagi mereka yang terpenting adalah latar belakangnya.


Selain latar belakang, fitur beauty pun sebenarnya adalah hal yang paling juga diperhitungkan oleh kebanyakkan pengguna Indonesia. Kapan lagi bisa berkaca banggakan diri, tanpa harus tersinggung dengan noda jerawat yang bisa hilang oleh kamera dengan fitur ini. Oppo F1S adalah salah satu smatphone selfie yang memiliki resolusi besar pada bagian kamera depan, serta didalamnya juga dibenamkan fitur ini. Namun berbedanya, fitur beauty pada ponsel ini dapat diatur dalam hitungan angka, 1, 2, 3,4 ,5,6, dan 7 agar lebih mudah pengaturannya dan tidak lupa saat ingin foto berulang.

Waktu

Waktu memang sering menentukan apakah mood seseorang bagus atau tidak, termasuk untuk melakukan selfie. Dan biasanya, banyak wanita Indonesia yang paling memperhitungkan waktu pengambilan foto terbaik mereka. Tak sedikit kaumhawa rela membuang waktu untuk berdandan meski baru bangun tidur sekalipun, dan melakukan selfie untuk mengirimnya ke ‘pacar’. Namun berbeda sedikit dengan kaum adam, biasanya mereka lebih cuek dan tak perdulikan dalam keadaan apa mereka mengambil foto selfie.
Tetapi perlu diingat, terkadang pria akan sedikit berdandan jika di foto bersama dengan kekasihnya, berbanding terbalik dengan wanita yang justru berusaha tampil jelek agar terlihat lucu atau santai saat bersama kekasih prianya.

Cara Pengambilan

Dalam cara pengambilan, pria dan wanita di Indonesia pun memiliki kebiasaan yang sangat berbeda terutama dalam pengambilan gambar selfie. Pengguna ponsel wanita Tanah Air lebih cenderung simpel dalam pengambilan gambar, artinya mereka lebih senang menggunakan tangan langsung saat mengambil gambar pada posisi dan keadaan apapun.

 

ilustrasi turis selfie dengan ponsel (Foto:
Thomasstaub/Pixabay)

Namun hal tersebut berbeda dengan lelaki, biasanya kaum hawa khususnya di Indonesia lebih senang menggunakan alat bantu seperti tongsis atau pun tripod. Menurut mereka pengambilan dengan alat bantu lebih memudahkan untuk bergerak, ekspresi wajah dan tubuh secara keseluruhan bisa diselaraskan saat pengambilan foto.

Selalu kamera depan

Selfie sejatinya memang tidak hanya harus menggunakan kamera depan, karena ekspresi foto wajah itu bisa juga didapat dari kamera belakang. Dan sayangnya, hal itu tidak berlaku bagi kebanyakkan pengguna Indonesia, kamera depan justru menjadi tumpuan yang paling diharapkan oleh pengguna Tanah Air. Alasannya mereka simpel, hasil foto bisa dilihat langsung dari layar layaknya sebuah cermin dan tentunya pengoperasian menjadi lebih mudah.

Kebiasaan ini pun ternyata disadari  oleh Oppo Indonesia dengan menghadirkan Oppo F1S yang hadir dengan resolusi kamera depan layaknya kamera utama ponsel di kelasnya dengan besaran 16MP. Resolusi besar menjadi salah satu faktor penting gambar terbaik bisa dihasilkan, belum lagi tambahan fitur lain yang dihadirkannya tentu akan membuat foto selfie menjadi semakin digemari.

Leave a Comment