Xiaomi Mi A2: Si Tangguh Yang Tetap Jadi Andalan Penggemar Selfie

ArenaLTE.com - Kehadiran smartphone-smartphone baru di pasaran, ibarat gelombang yang datang susul menyusul. Setiap brand berusaha menghadirkan tipe terbaru yang bisa mengungguli kompetitor. Terutama pada sektor kamera, yang berlomba menawarkan fitur kamera paling menyenangkan buat pengguna.
 
Namun, di tengah derasnya arus kehadiran smartphone-smartphone baru, yang membuat mata pengguna tak sempat berkedip karena saking cepatnya, ada beberapa smartphone yang berhasil bertahan di pasaran, dan tetap disukai pengguna. Salah satunya adalah Xiaomi Mi A2. Sejak pertama kali muncul di Indonesia pada September 2018 lalu, nyatanya seri kedua dari Android One ini masih menjadi salah satu smartphone yang banyak dicari.
 
Ini sungguh menakjubkan. Di tengah serbuan tipe-tipe baru, Mi A2 masih anteng-anteng saja, tak goyah dengan gedoran tipe-tipe baru itu. Lantas, apa yang membuat Mi A2 bisa seperti itu? Bahwa prinsip price to value yang dipegang Xiaomi di semua produknya termasuk Mi A2 masih tinggi, itu salah satu alasannya. Smartphone ini mampu memuaskan hasrat berselfie ria para  penggemar swafoto, dengan memberikan hasil  yang bisa membuat tersenyum penggunanya. Namun, dengan harga yang sangat affordable.
 
Tapi tentunya bukan faktor itu saja yang membuat Mi A2 tetap digemari. Ini alasan-alasan lainnya:
 

DESAIN



Berada di kelas mid-level, Mi A2 menunjukkan kekuatan desain yang tak lekang oleh zaman. Memiliki body kompak dan kokoh, berkat material body yang terbuat dari metal sesungguhnya –bukan material plastic yang diberi sentuhan metal. Bodynya sangat mendukung aspek ergonomis, dengan ukuran yang hanya 158.7 x 75.4 mm, serta ketebalan cuma 7.3 mm. Bobot yang 166 gram memang sedikit di atas rata-rata sebagai konsekuensi body metalnya. Namun, itu justru membuat terasa lebih mantap ketika digenggam.
 
Struktur body kokoh ini dipadu dengan tampilan cantik. Panel belakang dibuat bernuansa metal bertekstur kesat, yang membantu tidak mudah tergelincir dari tangan yang berkeringat. Satu lagi keuntungan permukaan kesat ini, menenggelamkan jejak sidik jari yang kerap mengotori permukaan. Last but not least, Mi A2 ini memiliki pilihan warna yang kaya, yang membebaskan penggunanya memilih warna sesuai selera. Ada empat warna pilihan: Black, Flame Red, Lake Blue, dan Gold.
 

DISPLAY



Mi A2 termasuk smartphone menengah yang awal-awal memakai konsep layar Full View. Bentang layar 5.99 inci dimaksimalkan dengan rasio tampilan 18:9. Ini membuat layar tampak memanjang.  Karenanya, bisa menampilkan laman web lebih utuh, gambar dan video lebih luas, serta messaging yang lebih banyak.
 
Resolusi layar yang full HD+ (1080x2160 pixel), menyajikan tampilan layar yang solid, tanpa sedikitpun memunculkan bintik-bintik piksel. Komposisi warna yang ditampilkan juga terlihat matang, berkat kontras rasio 1500:1. Di atas itu, layar memiliki performa yang apik, mampu merespon sentuhan jari dengan baik, bahkan mampu merespon lebih dari satu titik sentuh (multi touch). Kemampuan ini sangat mendukung untuk gaming, salah satunya.
 
Aspek desain juga diperhatikan, dengan menyajikan bingkai layar bersudut melengkung, mengikuti sudut kurva pada body.  Desain seperti ini memunculkan kesan dinamis, sekaligus menghilangkan kesan sebuah smartphone konvensional.  Layar display menggunakan tampilan 2.5D, dan dilindungi Corning Gorilla Glass 5, yang mengoptimalkan ketahanan pada benturan.
 

PERFORMA



Di dalam tubuhnya, bersemayam prosesor Octa-core (4x2.2 GHz Kryo 260 & 4x1.8 GHz Kryo 260), serta SoC (chips) Snapdragon 660, yang merupakan chips level flagship dari Qualcomm, yang sudah dilengkapi AI (artificial intelligent). Dengan persenjataan demikian, tak heran bila Mi A2 ini mampu melahap berbagai aplikasi dan fungsi dengan gampang. Bahkan untuk game berat semacam Moba Player sekalipun. GPU Adreno 512 GPU, ikut menyumbang andil memberikan penyajian grafis yang halus.
 
Dukungan memori juga termasuk aduhai. Tidak banyak smartphone kelas menengah yang dipasangi RAM 4 GB, dan Mi A2 adalah salah satunya. Itu dibarengi dengan kapasitas ruang simpan (ROM) sebesar 32 GB. Kalau kurang puas, bisa memilih varian 4 GB RAM + 64 GB ROM, atau 4 GB RAM + 128 GB ROM.
 

ANDROID ONE



Mi A2 adalah smartphone Android One  generasi kedua hasil kerjasama dengan Google. Karena itu, tak seperti smartphone Xiaomi lain, Mi A2 tak dilengkapi antar muka MIUI. Seri ini menyajikan tampilan berbasis Android 8.1 bawaan Google.  
 
Karena itu, Mi A2 lebih kaya dengan aplikasi-aplikasi bawaan dari Google, yang dengan mudah bisa diakses.  Kumpulan aplikasi ini telah di pre-install yang kecil dan dikurasi, sehingga memberikan ruang lebih banyak untuk penyimpanan.
 
Aplikasi bawaan Google ini mempermudah pengguna untuk berbagai hal. Seperti, menata kumpulan foto dengan rapi dan mudah ditemukan lewat Google Photo.  Membantu mencari informasi lebih cepat dan tepat tentang beragam produk dan benda lewat sebuah foto dengan Google Lens.
 
Yang jelas, aspek keamanan jadi lebih terjamin,  Dengan pembaruan keamanan bulanan dan Google Play Protect built in. Ini membuat perangkat Android One termasuk salah satu perangkat yang paling aman. Google Play Protect dengan aktif memindai dan memverifikasi lebih dari 50 milyar aplikasi per hari, dan dengan mesin pembelajaran Google dapat secara dinamis mencegah virus dan malware.
 

KAMERA

Ini dia yang jadi kekuatan utama Mi A2, kemampuan kameranya dalam menghasilkan foto-foto  yang mempesona. Tentu saja soal komposisi dan angle foto  yang bagus tergantung dari kelihaian pengguna. Namun kameranya membantu menentukan komposisi warna dan pencahayaan yang tepat, serta mencari dan menentukan dengan cepat obyek foto.


 
Ketajaman hasil foto didapat berkat lensa ganda yang berada di belakang. Lensa pertama berkekuatan 12 Mpix, dengan sensor Sony IMX486, 1.25µm, f/1.75, dan berfungsi sebagai lensa utama. Satunya berkekuatan 20 Mpix dengan sensor Sony IMX376, 2µm Super Pixel, f/1.75, yang siap untuk membuat foto yang bagus meski dalam kondisi low light.
 
Uniknya lagi, dan ini yang jarang ditemui, Anda bisa memilih mau menggunakan lensa yang mana. Dalam setelan default, otomatis lensa 12 Mpix yang akan berfungsi sebagai kamera utama. Namun Anda bisa menyetelnya secara manual untuk memilih lensa 20 Mpix, bilamana membutuhkannya pada situasi khusus.
 
Kualitas lensa, yang dipadu dengan teknologi AI yang disertakan di dalamnya, pada gilirannya memang membuat kamera Mi A2 ini mampu menghasilkan foto-foto terbaik dalam berbagai suasana. Ketika dalam suasana cahaya berlebih, sensornya bisa mereduksi cahaya agar tak terjadi over exposure. Dalam kondisi cahaya terbatas/minim, lensa mampu menangkap dan merekam cahaya lebih banyak untuk menghindari hasil foto yang gelap dan penuh noise.


 
Sekarang beralih ke kamera depan, yang juga memakai sensor Sony IMX376 berkekuatan 20 Mpix, dan juga memakai teknologi Super Pixel. Dipadukan dengan selfie light berkekuatan 4.500K, untuk menjamin pengguna bisa berselfie-ria dalam kondisi cahaya apapun. Besaran lensa menjamin foto yang tajam, teknologi AI membantu pengaturan yang tepat secara otomatis. Hasilnya adalah foto selfie yang bisa membuat Anda senyum-senyum senang karena tampak lebih indah –apalagi disertai dengan efek bokeh yang membuat foto lebih dramatis.
 
Dengan semua “kekuatan” itu, wajarlah jika Xiaomi Mi A2 ini masih tangguh bertarung di tengah ketatnya persaingan di pasar smartphone dalam negeri. (ADV)
 

Leave a Comment