Xiaomi Mi A1, Smartphone Dukungan Penuh Google

ArenaLTE.com - Geliat Xiaomi di pasar smartphone memang bisa dibilang sangat lincah dan begitu bergairah, mungkin hal ini bisa dibilang karena perusahaan tidak ingin tersaingi oleh produsen China lainnya, seperti Oppo dan Infinix. Untuk terlihat tetap kuat di pasar ini, beragam cara dihadirkan produsen termasuk menghadirkan Xiaomi Mi A1 yang digadangkan hasil kerjasama dengan Google.

Google yang memang dalam masa pengembangan Android One, dan bisa dibilang memang kurang beruntung menghadirkannya sepertinya memang harus bekerjasama dengan Xiaomi. Sedangkan Xiaomi, bisa dibilang juga sedang menumpang nama besar Google dalam menghadirkan produk terbarunya Xiaomi Mi A1 untuk lebih dikenal.

Mi A1 mengoperasikan sistem operasi dasar Android untuk menawarkan pengalaman pemakaian software berkualitas tinggi rancangan Google. Langkah yang disebut perusahaan sebagai komitmen untuk menyediakan beragam smartphone dari semua segmen, termasuk smartphone harga terjangkau yang bisa dibeli sekitar IDR3,1 jutaan.

Ditawarkan dengan harga terjangkau, Xiaomi juga sepertinya harus menyiapkan segala sesuatu dalam produknya ini dengan kualitas baik. Perusahaan mengklaim bahwa perangkat ini kabarnya telah didesain dengan inovasi hardware tinggi, termasuk salah satunya pada kamera perihal pengaturan optical zoom namun sekali lagi hal ini diperkuat oleh desain software milik Google.

Pada peluncurannya di New Delhi, India, diumumkan bahwa Mi A1 akan hadir di India dan juga di lebih dari 40 pasar di seluruh dunia termasuk Indonesia, Vietnam, Rusia, Polandia, Hongkong, Taiwan, Ukraina, dan Meksiko. Harga untuk setiap pasar akan diumumkan dalam waktu dekat.

Senior Vice President Xiaomi Wang Xiang mengatakan: “Mi A1 menjadi sebuah perangkat strategis dalam program ekspansi global kami serta menjadi sebuah langkah penting dalam misi kami untuk membawa inovasi bagi semua orang. Sejak awal, Xiaomi selalu mengedepankan keberagaman pilihan, dan kami sangat senang dapat menawarkan cara baru untuk merasakan ketangguhan Xiaomi.”

Wang menekankan bahwa peluncuran ini merupakan perpanjangan dari kemitraan jangka panjang Xiaomi dengan Google. “Google telah menjadi mitra yang luar biasa, dan melihat rekam jejak kemitraan kami yang kuat, kami percaya sejak awal bahwa gagasan Google untuk meluncurkan ponsel Xiaomi dalam platform Android One akan menjadi kesempatan besar untuk menghadirkan pengalaman berbeda bagi para pengguna. Saya sungguh tidak sabar untuk menyaksikan hasil dari kemitraan ini bagi seluruh pengguna Xiaomi di seluruh dunia!”

“Dengan mengambil langkah lanjutan ini dengan Android One, kami sangat gembira untuk dapat bekerjasama dengan berbagai mitra di seluruh dunia guna menghadirkan pengalaman terbaik menggunakan perangkat Android berkualitas tinggi bagi lebih banyak pengguna,” ujar Jamie Rosenberg, Google’s VP of Business & Operations, Android & Google Play.

“Mi A1 mengkombinasikan keunggulan desain dengan pengalaman murni penggunaan Android yang mudah, akses terhadap layanan built-in terbaik milik Google, serta komitmen akan pembaruan software dan layanan keamanan di masa mendatang. Kami sangat gembira dalam menyambut Xiaomi dan Mi A1 ke dalam keluarga Android One.”

Sebagai ponsel Android One, Mi A1 hadir dengan layanan Google built-in yang paling populer, seperti kapasitas penyimpanan tanpa batas berkualitas tinggi dari Google Photos.

Tersedia dalam warna Black, Gold, Rose Gold, Mi A1 memiliki desain unibodi dengan material keseluruhan metal yang hanya setebal 7.3mm, serta garis antena terpisah untuk tampilan yang mulus dan tepian melengkung (rounded edges) untuk genggaman yang lebih nyaman. Ponsel ini juga dilengkapi dengan sensor sidik jadi di bagian belakangnya.

Tampil dengan layar lengkung 2.5D sebesar 5,5 inci yang dilindungi oleh Corning® Gorilla® Glass, Mi A1 juga menawarkan amplifier daya 10v untuk suara yang lebih tajam dan volume yang lebih tinggi, serta memastikan perangkat ini dapat memberikan pengalaman media yang terbaik. Sebuah amplifier khusus juga memberikan dukungan untuk headphone dengan impedansi tinggi (high-impedance headphones) (hingga 600 ohms).

Didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 625 yang diproduksi melalui proses fabrikasi 14nm, serta baterai 3080mAh, Mi A1 memberikan pengguna pengalaman penggunaan tanpa hambatan sepanjang hari. Dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB, Mi A1 akan tersedia mulai akhir September melalui jalur penjualan online dan offline, dengan informasi lanjutan yang akan diumumkan dalam waktu dekat.

Leave a Comment